Jelang Pilgub, KPU Berharap Semua Elemen Jaga Kultur “Adem Ayem” Masyarakat Pacitan

oleh -529 views
Ketua KPU Pacitan menyampaikan hasil verifikasi Calon Kepala Daerah Pacitan. (FOto: Damhudi)
Ketua KPU Pacitan Damhudi.

Pacitanku.com, PACITAN – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan Damhudi meminta segenap elemen masyarakat di Pacitan mampu menjaga kondusivitas menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Timur yang akan berlangsung pada 27 Juni 2018 mendatang.

Harapan tersebut disampaiakn Damhudi saat memberikan sambutan dalam Forum Group Diskusi (FGD) Polres Pacitan dalam rangka memelihara Kamtibmas dan pengamanan Pilkada serentak tahun 2018 yang digelar di Balai Desa Mentoro Jalan KH Maghribi Pacitan pada Kamis (18/01/2018) kemarin.

“Sebentar lagi kita akan melaksanakan Pilkada dan Pilgub secara serentak, kami tidak bisa bekerja sendiri kami mohon bantuannya dari semua masyarakat untuk mensukseskan kegiatan Pilgub 2018 di Pacitan,”katanya.

Dia mengatakan bahwa saat ini KPU tengah menyelesaikan beberapa tahapan Pilkada dan Pemilihan Legislatif, diantaranya penataan Daerah Pemilihan, pelaksanaan pemutakhiran data pemilih dan verifikasi vaktual Partai Politik.

“Kami sedang melakukan penataan Daerah pemilihan terkait dengan pencalonan, penataan kursi apabila ada perubahan dalam Daerah pemilihan Pacitan marilah kita jaga kultural masyarakat Pacitan yang ramah, adem ayem jangan sampai terpengaruh oleh daerah lain,”ungkapnya.

Saat ini, kata Damhudi, KPU Pacitan juga tengah melakukan pemutakhiran data pemilih. Untuk itu dia berharap masyarakat Pacitan memberikan data yang benar.

“Untuk kegiatan saat ini petugas PPDP (Petugas Pemutahiran Data Pemilih) akan mendatangi rumah kerumah untuk memvalidkan data maka dari itu Bapak, Ibu memberikan data yang sebenar-benarnya untuk pengambilan data,”ujarnya.

“Kami juga telah melaksanakan verifikasi faktual tentang partai organisasi partai dan sekretariat partai kami berharap kepada Bapak, Ibu yang menjadi anggota partai apabila didatangi oleh KPU bisa memberikan keterangan yang sebenar-benarnya,”katanya lagi.

Sementara, Kepala Kepolisian Resor Pacitan AKBP Setyo Koes Heriyatno mengatakan bahwa Tujuan diadakannya FGD Polres Pacitan dalam rangka memelihara Kamtibmas dan pengamanan Pilkada serentak tahun 2018 dan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar bisa menjaga situasi keamanan jelang Pilgub Jatim.

“Kami juga menghimbau kepada masyarakat semuanya untuk tetap menjaga ketertiban dan kenyamanan untuk mendukung Pilkada 2018 yang akan dilaksanakan secara serentak agar bisa diadakan dengan baik dan lancar,”katanya.

Sebagaimana diketahui, setelah pendaftaran pasangan calon gubernur pada 10 Januari lalu, masa kampanye sendiri akan dimulai pada 15 Februari 2018 dan masa tenang dan pembersihan alat peraga akan dimulai pada 24 Juni 2018.

Adapun pemungutan dan penghitungan suara Pilkada Serentak 2018 sendiri akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018. Sedangkan rekapitulasi akan dilaksanakan pada 28 Juni 2018.

Di Jatim, Pilgub sendiri diikuti dua pasang calon, yakni Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak yang diusung Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Hanura.

Pasangan kedua adalah Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), PDI Perjuangan, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Gerindra. (RAPP002)