KPU Pacitan Lantik Anggota PPK dan PPS

oleh -1.118 views
Jajaran pimpinan Forkopimda Pacitan saat melantik anggota PPK dan PPS, Sabtu. (Foto: SRW/Wah)

Pacitanku.com, PACITAN – Ketua Komisi Pemilhan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan Damhudi pada Sabtu (25/11/2107) melantik anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang akan bertugas pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur tahun 2018.

Menurut Damhudi, para anggota PPK dan PPS yang dilantik tersebut diharapkan bisa bekerja sesuai tugas pokok dan fungsi serta taat kepada peraturan.

“Kami juga meminta PPK dan PPS selalu menjaga integritas serta profesionalitas dalam menjalankan tugasnya. Integritas itu di dalamnya termasuk netralitas,” ujar Damhudi saat pelantikan PPK dan PPS di Gedung Pemuda Pacitan, Jalan Wage Rudolf Supratman, Kelurahan Sidoharjo Kecamatan Pacitan.

Dia berharap bahwa para penyelenggara Pemilu mempunyai peran yang sangat penting dalam Pemilu, ada istilah suara rakyat adalah suara Tuhan. “Oleh karena itu Panitia Pemilu harus menjaga suara rakyat jangan sampai ternodai,”tandasnya.

Anggota PPK-PPS Pacitan yang dilantik.

Menurut Damhudi, saat ini tahapan Pemilu sudah masuk tahap penyelenggaraan, dimana KPU sudah mengumumkan bahwa untuk yang ingin melalui jalur perorangan pendaftaran mulai tanggal 25-29 November 2017.

“Oleh karena itu PPK dan PPS yang sudah dilantik akan segera menerima tugas, kalau tanggal 25-29 November nanti ada yang menyerahkan dukunganya ke KPU dan pada bulan Desember PPK dan PPS akan menerima foto copy dukungan, yang harus dilakukan verifikasi faktual secara menyeluruh, berkaitan dengan itu, mulai saat ini segera lakukan koordinasi internal dan segera ditunjuk ketua PPK dan PPS,”jelasnya.

Lebih lanjut, Damhudi mengatakan bahwa khusus kepada anggota PPK dan PPS, dirinya berpesan dalam melaksanakan tugas agar bisa melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, mandiri dan jujur karena kejujuran merupakan intregitas dalam pelaksanaan Pemilu walaupun dilapangan banyak sekali intervensi dan tekanan tekanan.

“Untuk mendukung suksesnya Pemilu para anggota PPS dan PPK harus menguasai serta membangun skil dan teknis tentang alat peraga pemilu yang nanti akan dipasang di seluruh TPS, selamat bekerja semoga apa yang kita laksanakan kedepan kan selalu diridhoi Allah SWT dan diberikan kesuksesan dan Pemilu dapat berjalan dengan tertib dan lancar,”pungkasnya.

Sesuai data, jumlah petugas PPK dan PPS yang dilantik dan akan bertugas pada Pilgub Jawa Timur mendatang mencapai 573 orang. Rinciannya, 60 orang anggota PPK untuk 12 kecamatan atau lima orang PPK untuk tiap kecamatan dan 513 orang anggota PPS untuk 5 kelurahan dan 159 desa atau tiga orang PPS untuk masing-masing desa/kelurahan.

Para anggota PPK dan PPS yang dilantik tersebut akan bertugas dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur yang akan dilaksanakan 27 Juni 2018 mendatang. Sedangkan untuk PPK dan PPS yang bertugas pada Pemilu Presiden (Pilpres) dan Pemilu Legislatif (Pileg) di 2019, nanti akan ada perekrutan lagi.

Hal yang sama diungkapkan oleh Bupati Pacitan yang hadir dalam kegiatan tersebut. Menurut Bupati, salah satu pahlawan demokrasi adalah para petugas PPK dan PPS, karena di tangan mereka bisa sukses atau tidaknya Pemilu.

“Tujuan Pilkada adalah memilih suatu pemimpin yang bisa mengayomi dan mensejahterakan rakyat maka dari itu pilihlah pemimpin yang sesuai dengan hati nurani rakyat dan suksesnya Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim adalah suksesnya Rakyat Jawa Timur,”katanya.

Turut hadir dalam kegiatan pelantikan tersebut Sekretaris Daerah Suko Wiyono, Komandan Kodim 0801/Pacitan Letkol Kav  Aristoteles Hengkeng Nusa Lawitang, Ketua Panwaslu Berty Stefanus, Kepala Kesbangpol Pacitan Suharyanto, Kepala Kemenang Nurul Huda, Kepala Disdukcapil Muh Fathony, para pimpinan Partai Politik, camat dan para lurah dan Kepala Desa se-Kabupaten Pacitan. (SRW/Wahyu/RAPP002)