Pemkab Masih akan Fokuskan Pembangunan Prioritas Pasca Bencana

oleh -101.271 views
Indartato saat menyampaikan paparan pada Kamis (18/1/2018) kemarin. (Foto: humas Pemkab)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten Pacitan masih akan memfokuskan pembangunan untuk perbaikan prioritas pasca bencana.

Bupati Pacitan Indartato dalam keterangannya dalam Rangka Penyusunan Rancangan Awal Rencana Kegiatan Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Pacitan tahun 2019 di Pendopo kabupaten, Kamis (18/1/2018) mengatakan bahwa ada tujuh prioritas pembangunan tersebut diantaranya bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, pengentasan kemiskinan, pertanian, dan pariwisata.

“Dimana tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan derajat hidup masyarakat menuju lebih baik, tetapi untuk mencapainya tentu bukan perkara mudah, karena pemkab masih memiliki tanggungan berupa perbaikan dan penuntasan sarana umum yang rusak karena terdampak bencana alam banjir bandang dan tanah longsor pada akhir November tahun lalu,”ungkapnya.

Dia mengatakan bahwa Pemkab kemudian membuat rencana aksi berupa pemilahan tugas. Mana yang menjadi bagian dari pemkab untuk segera dikerjakan, bagian pihak provinsi, serta plot untuk pusat.

 “Tentunya sesuai dengan kewenangan masing-masing. Dan yang terakhir adalah mencari (sumber dana) hibah untuk masalah yang tidak dapat diselesaikan tiga tingkatan itu,” ucap dia.

Selain kebencanaan, Indartao program lain adalah memperkuat keberdayaan masyarakat, melalui program penanggulangan kemiskinan secara terpadu Grindulu Mapan.

“Pemberdayaan masyarakat miskin juga menjadi hal yang menjadi sorotan utama. Termasuk program pemberdayaan fakir miskin, fasilitas menagemen usaha bagi keluarga miskin, pelatihan keterampilan bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial, verifikasi dan validasi data penerima bantuan sosial,”jelasnya.

Hadir dalam diskusi tersebut Wakil Bupati Yudi Sumbogo, Ketua DPRD Ronny Wahyono, Wakil Ketua DPRD Gagarin. (Humas Pemkab/RAPP002)