KPU Pacitan Gelar Jalan Sehat “Sadar Pemilu” Pilkada Serentak 2018

oleh -131.411 views
Indartato memberangkatkan jalan sehat KPU Pacitan, Minggu (29/10/2017). (Foto: SRW/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan menggelar jalan sehat “Sadar Pemilu” Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 yang digelar pada Minggu (29/10/2017)dengan start di depan tribun alun-alun Jalan Imam Bonjol Kabupaten Pacitan.

Ketua KPU Pacitan Damhudi dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini digelar dalam rangka sosialisasi tahapan kegiatan pemilu dan pilkada serentak tahun 2018.

“Gerak jalan sadar pemilihan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia ini bukan agenda sesaat akan tetapi kiata membangun untuk menyadarkan pemilih karena pemilu adalah sangat penting,”katanya.

Dia mengatakan bahwa waktu lima menit di Tempat Pemungutan Suara (TPS) akan menentukan masa depan lima tahun daerah. Sehingga, dia menghimbau  suara dengan hanya memenitingkan hal yang remeh dan berakibat fatal bagi daerah yang melaksanakan pemilu.

Damhudi menjelaskan, gerak bersama yang dimaksud adalah menggerakkan masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pilkada. Dengan mengikuti semua tahapan dan datang ke tempat pemungutan suara (TPS) saat pemungutan suara pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim pada 27 Juni 2018 nanti. “Tujuan utamanya adalah sosialisasi pilkada serentak seluruh Indonesia dengan tema gerak bersama,” jelasnya.

Lebih lajut Damhudi menegaskan, sosialisasi sekaligus ditujukan untuk pemilu legislatif yang akan digelar pada 17 April 2019. Sebab pelaksanaan tahapannya pun juga beriringan.

“Tahapan yang kita lakukan memang bersamaan karena waktunya berurutan. Hanya saja tanggal pelaksanaannya yang berbeda, Pemilu secara serentak ini adalah tahap ke 3 dan ini akan bebarengan dengan pelaksanaan Pilpres ini tentu akan lebih menghangat dari pada pemilu tahun 2015, kami harapkan semua bisa menjaga ketentraman,”ujarnya lagi.

Lebih lanjut, Damhudi mengatakan bahwa untuk masyarakat yan sudah mempunyai KTP elektronik harus tercatat dalam DPS (Daftar Pemilih Sementra).

Dalam kesempatan itu, Damhudi juga meminta seluruh penyelenggara Pemilu bisa melayani pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak tersebut.

“Jangan sampai Pemilu nanti diciderai dengan pelayanan yang kurang memadai dari penyelenggara pemilu dalam hal ini KPU dan stekholder yang berperan dalam pelaksanaan pemilu,”tegasnya.

Hadir dalam jalan sehat tersebut Bupati Indartato, Ketua Tim Penggerak PKK Luky Tribaskorowati Indartato, Kasdim 0801/Pacitan Mayor Inf Bayu Sigit Dwi Utoro. Juga hadir Kepala Kemenag Pacitan M Nurul Huda, Kadisparpora Endang Surjasri dan masyarakat Pacitan.

Adapun rute jalan sehat tersebut diawali dari Jalan Imam Bonjol menuju ke selatan sampai jalan ahmad yani, belok ke kiri sampai perempatan jembatan penceng ke kiri sampai jalan kanjeng jimat. Kemudian ke kiri sampai giri sampurno.

Selanjutnya rombongan menuju ke jalan veteran sampai pertigaan sebelah barat kantor KPU kabupaten pacitan, ke kiri jalan dr wahidin sudiro husodo sampai gedung muhammadiyah. Kemudian ke kiri jalan samanhudi sampai jalan imam bonjol ke kanan terus finish di tribun alun-alun. (SRW/RAPP002)