Simak Ya, ini Rencana Bupati Pacitan untuk Pemuda “Zaman Now”

oleh -131.485 views
Suasana Dialog Kebangsaan dan Pemuda di Pacitan pada Jumat (27/10/2017) malam. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indartato melalui Pemerintah Kabupaten Pacitan rupanya terus mengikuti dinamisnya perubahan yang terjadi akibat dinamisnya kehidupan masyarakat. Untuk itu, rupanya pemerintah telah menyiapkan berbagai rencana, khususnya untuk para pemuda generasi saat ini atau akrab disebut Pemuda “Zaman Now.”

“Pemkab akan selalu mengikuti perubahan itu. Sikapi perubahan dengan sebaik-baiknya agar tidak ketinggalan. Tujuannya agar Pacitan kedepan lebih baik,” kata Bupati Indartato ketika menjadi narasumber pada Dialog Kebangsaan dan Kepemudaan “Ngopi 1001 Cangkir” dalam rangkaian Hari Sumpah Pemuda ke-89 di alun-alun kota, Jum’at (27/10/2017).

Baca juga: Begini Semarak “Ngopi 1001 Cangkir” Peringatan Sumpah Pemuda ke-89 di Pacitan

Dia mengatakan bahwa yang abadi dan selalu ada adalah perubahan. Namun terkadang ada pihak yang tidak menyadarinya. Sehingga kontra produktif ditengah-tengah arus perubahan itu sendiri.

“Kita telah mengantisipasinya. Yakni menyiapkan regenerasi. Seperti dalam RPJMD dan tertuang pada Perda 5/2016. Intinya membentuk mental pemuda yang bagus,” tukas dia.

Dia mengatakan bahwa pembangunan mental dan pikir yang baik, akan berjalan sebanding dengan tujuan penyelenggaraan pemerintahan. Sebab dari pola pikir baik, akan menentukan sikap dan tindakan. Dari situ kemudian akan menghasilkan sesuatu untuk masyarakat Kabupaten Pacitan.

Lebih lanjut Indartato menjelaskan, untuk membentuk kualitas generasi dapat dilakukan melalui peran beberapa instansi di jajaran Pemkab Pacitan. Ada Disparpora atau Dinas Pendidikan.

“Sekolah untuk mendapat ilmu dan diamalkan untuk kemajuan Pacitan. Sehingga kemiskinan akan berkurang. Tapi ini tidak mudah. Harus dilakukan secara bersama-sama. Termasuk pemuda,” jelasnya.

Acara yang diinisiasi elemen pemuda Pacitan seperti Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Pemuda Muhammadiyah tersebut digelar dengan nuansa gayeng dan penuh keakraban.

Baca juga: Film Merah Putih Memanggil Warnai Hari Sumpah Pemuda

Gayengnya acara tersebut tambah semarak saat Ki Dalang Fajar Arianto bersama tim memainkan gamelan android yang menghibur ratusan peserta yang hadir.

Acara yang diikuti tak kurang dari 300 peserta tersebut juga dihadiri sejumlah tokoh diantaranya Sekretaris Daerah Suko Wiyono, Kepala Disparpora Endang Sujasri, Kepala Satpol PP Supardiyanto, Kepala Kemenag Pacitan M. Nurul Huda.

Juga hadir Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah Pacitan Suprayitno Ahmad, Ketua MUI Pacitan . Aris Mashudi, Ketua DHC’45 BPK Imam Haryono dan sejumlah ormas. (Humas Pemkab/RAPP002)