Indartato Harapkan Pemuda Pacitan Jadi Ujung Tombak Pembangunan

oleh -13960 views
Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indartato menyampaikan amanat dan nasihat kepada pemuda saat upacara sumpah pemuda yang dirangkaikan denga peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 72 Provinsi Jawa Timur, Senin (30/10/2017) di halaman Pendopo Kabupaten Pacitan, Jalan Jaksa Agung Suprapto nomor 8 Pacitan.

Menurut Indartato, kaum muda diharapkan menjadi ujung tombak pembangunan dan perubahan masyarakat menuju lebih baik.

“Makna Hari Sumpah Pemuda harus kita pahami dan tanamkan pada generasi muda. Sebab para pemuda saat itu juga berjuang untuk kemerdekaan dan kesejahteraan rakyat,” tegas bupati.

Indartato juga mengutip pesan yang disampaikan oleh Bung Karno dengan meminta generasi muda untuk selalu menjaga semangat sumpah pemuda untuk melawan segala bentuk upaya, yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Juga harus berani melawan ego kesukuan, keagamaan dan kedaerahan.

“Persatuan Indonesia adalah segalanya, Sumpah Pemuda merupakan tekad kejuangan sebagai pemersatu bangsa, dengan tema Berani Bersatu mari kita bangun bangsa Indonesia agar terwujud bangsa Indonesia yg adil makmur dan berdaulat,”katanya lagi.

Lebih lanjut, mantan Kepala Dinas Kelautan ini juga berpesan agar para generasi muda untuk meneladani langkah-langkah dan keberanian para pahlawan sumpah pemuda mereka hingga mampu menorehkan sejarah emas untuk bangsa.

Terkait HUT Jatim, Indartato mengatakan hal itu sebagai bentuk ungkapan rasa syukur atas perjalanan sejarah Jawa Timur yang penuh dinamika hingga bisa mencapai kemajuan untuk kesejahteraan rakyat yang lebih baik.

“Peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur yang ke-72 ini merupakan momentum untuk menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan, kebanggaan daerah serta merupakan sarana mendorong semangat memiliki dan membangun  daerah serta memperkuat rasa kecintaan masyarakat Jatim,”jelasnya.

Hadir dalam kegiatan upacara tersebut Wakil Bupati Yudi Sumbogo, Sekretaris Daerah Suko Wiyono, Ketua Pengadilan Agama Pacitan Taufikuurahman, jajaran DPRD, organisasi kepemudaan dan kelompok organisasi wanita. (SRW/Wahyu/RAPP002)