Kodim 0801/Pacitan Gembleng Wawasan Kebangsaan di Sekolah dan Madrasah

oleh -132.410 views
Kodim Pacitan menyampakan materi Wasbang kepada siswa Sekolah. (Foto: SRW/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Komando Distrik Militer (KODIM) 0801/Pacitan menggembleng materi wawasan kebangsaan untuk siswa di sejumlah sekolah dan madrasah di Pacitan, Senin (23/10/2017).

Beberapa sekolah dan madrasah tersebut diantaranya adalah SMPN 3 Pacitan, SMP N 1 Kebonagung dan MTs Al Falah Pondok Pesantren Al Falah  Karangrejo Kecamatan Arjosari.

Di Pacitan, sebanyak 200 siswa SMPN 3 Pacitan nampak antusias mengikuti kegiatan wawasan kebangsaan tersebut.

Danramil 0801/ 01 Pacitan, Kapten Inf Arif Wahyu Jatmiko mengatakan bahwa  generasi muda harus  membangun karakter yang kuat demi menjaga kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara.

“Para siswa harus mempunyai wawasan kebangsaan yang tinggi sehingga dapat menangkal segala ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan dari pihak luar,”tegasnya.

Sementara, di SMP N 1 Kebonagung Danramil 0801/ 01 Kapten Inf Agus Setiawan mengatakan bahwa peran pemuda sangat strategis untuk mampu berkompetisi disegala bidang yang meliputi aspek Ipoleksosbud. “Kami berharap siswa mengetahui tentang perang yang efektif yang digunakan oleh negara maju sekarang ini adalah Proxy War,”tukasnya.

Selain di dua sekolah tersebut, kegiatan Wasbang juga digelar di MTs Al Falah Pondok Pesantren Al Falah  Karangrejo Kecamatan Arjosari.

Dalam pemaparannya, Danramil 0801/ 03 Kapten Arh Handy Kurniawan mengatakan bahwa  kedisplinan, bela negara dan wawasan kebangsaan, dengan tujuan untuk memberikan wawasan kepada siswa-siswi tentang bagaimana mempertahankan kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara.

“Kami berharap mampu melestarikan budaya serta menjalankan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila dan UUD 1945 dalam kehidupan sehari hari,”katanya. (SRW/RAPP002)