Ini Cara Kodim 0801/Pacitan Tumbuhkan Rasa Nasionalisme Pelajar

oleh -581 views
Kodim 0801/Pacitan memberikan materi wasbang untuk siswa sekolah. (Foto: SRW/Pacitanku)

Pacitanku.com, NGADIROJO – Komando Distrik Militer (Kodim) 0801/Pacitan memiliki cara tersendiri untuk menumbuhkan rasa nasionalisme, utamanya di kalangan generasi muda dan pelajar di Pacitan. Adalah dengan pemberian materi wawasan kebangsaan, Kodim 0801/Pacitan menyebarkan benih-benih kecintaan dan rasa nasionalisme untuk pelajar di Pacitan.

Komandan Koramil 0801/ 07 Ngadirojo Kapten Inf. Gatot Sutrianto saat menyampaikan materi wawasan kebangsaan di SMAN 2 Ngadirojo, Rabu (25/10/2017) mengatakan bahwa kondisi wawasan kebangsaan bangsa Indonesia saat ini sangat memprihatinkan.

“Wawasan kebangsaan yang dulu sangat tinggi terutama saat masa revolusi tahun 1945-1949 dengan nilai-nilai 45 nya, saat ini sudah mulai luntur. Justru yang berkembang adanya kesadaran etnis yang sempit dengan ditandai tuntutan merdeka dari kelompok masyarakat di beberapa daerah,”katanya.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan bahwa untuk menghadapi ancaman multi dimensi di era globalisasi saat ini. kepada generasi muda khususnya para pelajar sangat perlu diingatkan kembali tentang wawasan kebangsaan. “Hal ini penting mengingat generasi muda yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan bangsa Indonesia,”tandasnya.

Sementara, Danramil 0801/ 08 Tulakan Kapten Inf. Bambang Yuliyanto saat menyampaikan materi wawasan kebangsaan untuk siswa SMA Diponegoro Tulakan menyebut bahwa empat Pilar NKRI yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika serta 3 unsur pokok dalam wawasan kebangsaan yaitu rasa kebangsaan, paham kebangsaan dan semangat kebangsaan.

Senada dengan Kapten Inf Bambang, Danramil 0801/ 09 Sudimoro Kapten Inf. Priyo Sujatmiko saat menyampaiakn materi Wasbang oleh SMP N 6 Sudimoro jua menyinggung pemahaman tentang wawasan kebangsaan dengan harapan para murid akan mengerti dan tumbuh jiwa nasionalismenya.

“Pembekalan sikap mental siswa diperlukan dalam menghadapi pengetahuan tentang kebangsaan untuk menjadi putra dan putri bangsa dan turut serta ikut berpartisipasi dalam membangun bangsa,”ujarnya.