Silahkan Datang, Sistem Digitalisasi Buku Kini Diterapkan Dinas Perpustakaan Pacitan

oleh -1.239 views
DIGITALISASI. Bupati Indartato saat mengecek komputer milik Dinas Perpustakaan Daerah. (Foto: IG: Indartato)
DIGITALISASI. Bupati Indartato saat mengecek komputer milik Dinas Perpustakaan Daerah. (Foto: IG: Indartato)

Pacitanku.com, PACITAN – Setelah resmi menjadi dinas, Dinas Perpustakaan Pacitan terus berbenah demi mengoptimalkan pelayanan kepada pengunjung. Terbaru, sistem digitalisasi sudah diintegrasikan sehingga lebih mempermudah pengunjung.

Kepala Dinas Perpustakaan Pacitan, Warito pada Jumat (10/2/2017) kemarin mengatakan bahwa dalam pengelolaan, perpustakaan daerah mulai berbenah ke era digital.

Pembenahan itu seperti katalog uku serta data pengguna perpustakaan mulai diberlakukan digitalisasi. “Pengunjung pun dapat dengan mudah dan cepat mencari buku bacaan yang diinginkan. Kedepan, secara bertahap semua buku-buku di perpustakaan juga akan diarahkan ke teknologi digital,”katanya.

Menurut Warito, tingkat kunjungan Perpustaakan Paciitan sendiri cukup banyak, rata rata 100 orang per hari. Kebanyakan dari mereka adalah pelajar dan mahasiswa serta anak anak usia PAUD. “Saat ini kita memiliki kurang lebih 20 ribu koleksi buku berbagai jenis,”imbuhnya lagi.




Selain digitalisasi buku, wajah baru Perpustakaan Daerah pasca renovasi semakin menjadikan pusat baca milik Pemerintah Kabupaten ini digandrungi pecinta buku. Penataan ruang yang asri, serta koleksi buku yang lengkap membuat pengunjung perpustakaan betah.

Perubahan Perpustakaan ini mendapatan sambutan positif dari Bupati Indartato. Indartato langsung melakukan migrasi keanggotaan dari kartu ke sistem digital. Bupati berharap, dengan manajemen perpustakaan yang kian tertata, budaya baca masyarakat meningkat.

“Saya berharap perpustakaan daerah lebih inovatif menarik minat baca masyarakat. Terutama minat anak anak usia sekolah mulai dari pendidikan anak usia dini hingga perguruan tinggi,”kata Indartato saat membuka acara pasar murah di Perpustakaan Daerah, Jumat kemarin. (RAPP002/Riz/humas)