Luki Indartato, “Bunda PAUD” Pacitan Raih Gelar Kartini Award 2014

oleh -101.294 views
SDN Baleharjo II menyerahkan bibit pohon kepada bupati Pacitan, Senin (21/4/2014). (Foto : Doc.Info Pacitan)
SDN Baleharjo II menyerahkan bibit pohon kepada bupati Pacitan, Senin (21/4/2014). (Foto : Doc.Info Pacitan)
SDN Baleharjo II menyerahkan bibit pohon kepada bupati Pacitan, Senin (21/4/2014). (Foto : Doc.Info Pacitan)
SDN Baleharjo II menyerahkan bibit pohon kepada bupati Pacitan dan istri Luki Indartato, Senin (21/4/2014). (Foto : Doc.Info Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Bulan istimewa bagi Pacitan di bulan April ini. Betapa tidak, empat penghargaan diraih oleh Kabupaten yang berada di ujung Provinisi Jawa Timur ini. Salah satu yang sedang berbahagia adalah Luki Indartato.

Perempuan yang juga istri dari Bupati Pacitan ini dianugerahi penghargaan Kartini Award dari International Human Resources Development Program (IHRDP). Luki yang dikenal sebagai bunda PAUD itu terpilih diantara 35 perempuan Indonesia lain yang dinilai berjasa dalam pemberdayaan wanita dalam pembangunan, terkhusus di Kabupaten Pacitan.

Dalam kesempatan tersebut, penghargaan Kartini Award kepada perempuan yang bernama lengkap Luki Tribaskorowati ini diserahkan langsung pimpinan sekaligus pendiri IHRDP dan perusahaan yang berada di Sidoarjo, Kharisma Indonesia Foundation, Gene Vincent S, Senin (28/4/2014).

Dalam perjalannya merintis berbagai agenda sosial kemasyarakatan, Ibu tiga anak yaitu Eko Prasetyo W, Yanu Prasetyawan dan Asri Rizki Ana, buah perkawinan dengan Drs Indartato MM ini terlihat sangat fasih dengan sepuluh program pokok PKK.

Mulai soal meja kegiatan sampai bagaimana proses di dalam kegiatan organisasi ibu-ibu di lingkungan pemerintah daerah ini, dia begitu tahu banyak. Maklum, sebelum menjabat Ketua TP PKK Kabupaten Pacitan, beliau sudah beberapa kali memimpin kegiatan PKK di tingkat kecamatan.

Diketahui, sejak 1980-an, ia sudah mulai aktif dan giat dalam kegiatan PKK maupun Dharma Wanita. Tahun 1980 sampai 1982 menjadi Bendahara Unit Dharma Wanita Sekretariat Pemerintah Kabupaten Pacitan, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK, Dharma Wanita dan GOPTKI Kecamatan Punung tahun 1982-1984, Ketua Tim Penggerak PKK, Dharma Wanita dan GOPTKI Kecamatan Pringkuku tahun 1984-1988. Ketua Tim Penggerak PKK, Dharma Wanita dan GOPTKI Kecamatan Arjosari tahun 1988-1990.

Luki juga pernah menjabat sebagai ketua maupun sekretaris PKK dan Dharma Wanita dinas maupun lembaga di Kabupaten Pacitan. Sederet prestasi inilah yang akhirnya mengantar Luki Indartato meraih penghargaan prestisius tersebut.

Redaktur : Dwi Purnawan