Bulan April, Empat Penghargaan Diraih Kabupaten Pacitan

oleh -10793 views
Ilustrasi Pendopo Pacitan (foto dok/pacitanku.com)
Ilustrasi Pendopo Pacitan (foto dok/pacitanku.com)

 

Ilustrasi Pendopo Pacitan (foto dok/pacitanku.com)
Ilustrasi Pendopo Pacitan (foto dok/pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Setelah memperingati Hari Jadi yang ke 269 akhir Februari lalu, Kabupaten Pacitan kembali mendapatkan bulan istimewa pada tahun ini, yakni di bulan April. Di bulan ini, setidaknya empat penghargaan diraih oleh Pacitan dari Pemerintah Pusat.

Dari data yang diterima, empat penghargaan tersebut adalah tanda kehormatan Samkarya Nugraha Parasamya Purnakarya Nugraha, Satya Lencana Karya Bakti Prada Nugraha, Kartini Award dan Penghargaan Pemerintah Daerah Terbaik 10 Besar Nasional Terhadap Laporan Pertanggungjawaban Pemerintah Daerah (LPPD) Tahun 2012.

Penghargaan pertama, Samkarya Nugraha Parasamya Purnakarya Nugraha diberikan atas prestasi Pemerintah Kabupaten Pacitan dalam mempertahankan kinerja terbaik terkait LPPD selama empat tahun berturut-turut (2009-2012).

“Ketentuannya, yang masuk penilaian adalah yang berprestasi dua tahun berturut-turut. Kita malah sudah empat kali dalam empat tahun terakhir,” kata Bupati Pacitan, Indartato seperti dilansir dari kepada detikcom, Senin (28/4/2014).

Selain itu, sang Bupati juga mendapatkan penghargaan berikutnya berupa Satya Lencana Karya Bakti Prada Nugraha. Penghargaan ini diberikan karena prestasi luar biasa yang ditorehkannya dalam mengelola roda pemerintahan sehingga kinerja terbaik terkait LPPD dapat diraih gemilang dalam empat tahun terakhir. Penghargaan diserahkan Menkopolhukam Djoko Suyanto atas nama Presiden SBY.

Pemerintah Kabupaten Pacitan juga menyabet penghargaan Evaluasi Kinerja Pemerintah Daerah Terhadap LPPD Tingkat Nasional Tahun 2012. Dalam hal ini kota tempat kelahiran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono terus bertahan pada sepuluh besar nasional.

“Kesuksesan ini merupakan bagian tak terpisahkan dari perjuangan pendahulu kita. Keberhasilan ini pun mustahil terwujud tanpa kerjasama yang baik antara eksekutif dan legislatif serta pola partisipasi dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat. Itu semua makin sempurna karena ditunjang profesionalisme birokrasi sebagai pelaksana kebijakan,” tutur pria yang selalu berpenampilan sederhana itu.

Satu penghargaan lain adalah Kartini Award yang diberikan kepad Luki Indartato, istri Bupati Pacitan.

Redaktur : Robby Agustav