Gawat, Angka Penyebaran HIV/AIDS di Pacitan Meningkat

oleh -13616 views
HIV/AIDS
HIV/AIDS
HIV/AIDS
HIV/AIDSkit HIV/AID

Pacitanku.com, PACITAN—Penyebaran penyakit mematikan HIV/AIDS di Kabupaten Pacitan mencapai taraf yang semakin mengkhawatirkan. Berdasarkan data yang dihimpun dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan, sepanjang tahun 2013 sebanyak 22 warga terjangkit penyakit maut tersebut, bahkan dari 22 yang terinfeksi, 8 diantaranya meninggal dunia.

 “Jumlah tersebut bisa bertambah. Sebab, data yang masuk ke kami itu belum sepenuhnya berasal dari klinik VCT RSUD Pacitan,” terang Suryono, Kepala Seksi Pemberantasan Penyakit DInkes Pacitan, seperti dikutip dari Radar Madiun, Jumat (3/1/2014).

Meningkatnya jumlah penderita HIV/AIDS tersebut lebih tinggi dibandingkan tahun 2012. Seperti diketahui pada tahun 2012 jumlah penderita HIV/AIDS adalah 16 orang dan lima diantaranya meninggal dunia. “Meski dibandingkan dengan kota – kota besar angka penderita itu termasuk kecil, hal itu tetap menjadi perhatian serius kami,”ungkapnya.

Dengan kondisi demikian, Dinkes meminta kepada masyarakat menjalani voluntary conseling and testing (VCT) untuk mengetahui persebaran virus HIV. Namun demikian, diketahui bahwa upaya deteksi dini semacam itu tidak mudah karena inisiatif mereka yang berada dalam kelompok rentan tertular untuk memeriksakan diri masih rendah.

Redaktur : Robby Agustav