Mantap, Busmetik Pacitan Jadi Percontohan Nasional

oleh -13415 views
SBY Menanam Udang Busmetik (Foto : Ist)
SBY Menanam Udang Busmetik (Foto : Ist)
SBY Menanam Udang Busmetik (Foto : Ist)
SBY Menanam Udang Busmetik (Foto : Ist)

Pacitanku.com, SERANG—Budidaya Udang Skala Mini Empang Plastik (Busmetik) di Kabupaten Pacitan menjadi percontohan nasional investasi budidaya perikanan air tawar ini. Tak tanggung – tanggung, anggota Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) yang dimotori oleh mantan menteri di era orde baru, Haryono Suyono akan mengawal pengembangan Busmetik tersebut.

Seperti disampaikan Haryono Suyono, yang juga menjabat sebagai Ketua Yayasan Damandiri, Kabupaten Pacitan saat ini sedang mengembangkan Budidaya Udang Skala Mini seperti yang dilakukan Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Serang, Banten. Jika hal ini berhasil akan ditularkan kepada daerah lain yang mempunyai potensi budidaya udang.

“Nantinya anggota Posdaya bisa menciptakan inovasi bibit unggul udang yang baru dengan tahan terhadap penyakit dan cepat panen. Untuk itu, nantinya akan bekerjasama dengan perguruan tinggi dalam menembukan bibit udang unggul,” kata Haryono saat menghadiri kunjungan kerja Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C Sutardjo, di Serang, Banten, Jum’at lalu, seperti dikutip dari Harian Terbit, Ahad (8/12/2013).

Rencananya, budidaya udang itu terus ditingkatkan kaulitasnya sehingga bisa memberikan penghasilan dan menciptakan lapangan kerja atau wirausaha baru. Tentu saja semuanya mengacu kepada ekonomi biru. “Ekonomi biru ini akan mnejaga kelestarian alam dan tidak menciptakan limbah. Semuanya ditata dengan baik dan semua bisa diolah kembali,” tambah Haryono.

Sementara itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Tjitjip Sutardjo menyatakan bahwa dengan adanya pengembangan Busmetik melalu Posdaya, Prof. Dr. Haryono Suyono bisa menjadi cukongnya. Melalui Yayasannya, Haryono Suyono bisa memberikan modal awal bagi pengembangan Busmetik.

Seperti diketahui, pengembangan Busmetik Pacitan langsung ditaburkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di  Desa Sidomuyo, Kecamatan Ngadirjo, Pacitan pertengahan oktober lalu. Tambak ini dikelola oleh  Posdaya Mojosari. Ada tiga empang yang  masing-masing empang berisi 120.000 benih udang. Pemeliharaannya  sendiri ditangani oleh 12 orang.

Redaktur : Dwi Purnawan (@dwi_itudua on twitter)