Tambak Busmetik Soge Hasil Riset Pemerintah

oleh -13484 views
SBY menanam udang
SBY menanam udang
SBY menanam udang
SBY menanam udang

Pacitanku.com, NGADIROJO—Pemerintah melalui Kementerian Kelautan  dan Perikanan selama ini biasanya bertahun-tahun  berada di pusat-pusat penelitian untuk melakukan riset. Tetapi kali ini  diterapkan di pedesaan.  Kini dikembangkan tambak udang namanya Busmetik (Budidaya Udang Skala Mini  Empang Plastik)  dengan areal 2,4 Ha mengembangkan udang selama 100 hari.

Percobaan ini benihnya ditaburkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di  Desa Sidomuyo, Kecamatan Ngadirjo, Pacitan pertengahan oktober lalu. Tambak ini dikelola oleh  Posdaya Mojosari. Ada tiga empang yang  masing-masing empang berisi 120.000 benih udang. Pemeliharaannya  ditangani oleh 12 orang.

Tambak udang ini kedepan akan dijadikan Badan Usaha Milik Desa (BUMD) Desa  Sidomulyo. Permodalan berikutnya akan  didukung oleh Yayasan Damandiri sekitar Rp400 juta dan pihak Kabupaten Rp300 juta. Modal itu nantinya akan dikembangkan untuk  tambak-tambak lain sebagai  tahap berikutnya

Modal yang diperlukan sekitar Rp485 juta, hasil penjualan pertama diperkirakan bisa menghasilkan Rp400 juta. Bila dikelola dengan baik, satu tahun  paling tidak akan panen 3 kali senilai Rp1,2 miliar. Memang sangat menggiurkan. Rencananya, sebagai umpan, udang diberi pelet khusus dan  makan 3 – 4 kali sehari. Hasil panen dijual  1Kg berisi 60 ekor harganya Rp80 ribu.

Redaktur : @Robbyagustav