Warga Pacitan Diminta Waspada Longsor

oleh -13491 views
Jalur Rawan Longsor Pacitan
Jalur Rawan Longsor Pacitan
Jalur Rawan Longsor Pacitan
Jalur Rawan Longsor Pacitan

Pacitanku.com, PACITAN—Musim penghujan yang sudah tiba menyebabkan potensi bencana longsor menjadi tinggi. Untuk itu, warga Pacitan yang bermukim di kawasan pegunungan, terutama yang berdekatan dengan tebing atau jurang, diminta meningkatkan kewaspadaannya terhadap bahaya longsor saat musim hujan.

“Curah hujan sudah mulai naik sehingga warga harus waspada dengan gejala-gejala alam, khususnya yang berdekatan dengan pegunungan ataupun bukit,” ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan, Didit Maryanto, Jumat, (15/11/2013).

Ia mengatakan peningkatan kewaspadaan oleh BPBD dilakukan dengan mengevaluasi peta rawan bencana longsor di wilayah tersebut.

Hujan yang terus mengguyur selama beberapa hari terakhir ditengarai juga menyebabkan titik rawan longsor bertambah. Beberapa wilayah rawan bencana tanah longsor di antaranya Kecamatan Sudimoro, Ngadirojo, Tulakan, Tegalombo, Bandar, Nawangan, Arjosari, dan Pacitan.

Selain Kecamatan Arjosari dan Pacitan, sebagian daerah yang masuk peta rawan bencana longsor berada berada di area pegunungan, sehingga BPBD berharap warga tetap menjaga kewaspadaan.

Menghadapi ancaman potensi bencana tanah longsor itu, BPBD Pacitan akan mendirikan posko terpadu yang digunakan sebagai lokasi koordinasi lintas sektoral dari masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, seperti Dinas Kesehatan, binamarga dan pengairan, Palang Merah Indonesia (PMI) maupun TNI serta Polri.

“Untuk memudahkan kordinasi penanganan jika terjadi bencana alam,” kata Didit.

Meski sampai kini belum ada laporan terjadinya tanah longsor, tetapi peristiwa bencana alam tersebut pada tahun lalu menyebabkan kerugian cukup besar, misalnya bencana yang terjadi sepanjang bulan Juni 2013.

Dari data BPBD Pacitan, total ada 116 rumah warga rusak setelah diterjang material tanah longsor pada saat itu. (Ant)

Redaktur : @RobbyAgustav

Foto : Dok. Pacitanku