Ini Dia Komoditi Ekspor Potensi Perikanan Pacitan

oleh -131.287 views
Warga sedang mencari rumput Laut Klayar
Warga sedang mencari rumput Laut Klayar
Warga sedang mencari rumput Laut Klayar
Warga sedang mencari rumput Laut Klayar

Pacitanku.com, PACITAN—Sebagai kawasan pesisir, Laut di Pacitan termasuk kategori produktif dengan menghasilkan berbagai macam potensi perikanan. Bahkan potensi laut Pacitan sudah dikenal banyak kalangan memiliki kualitas bagus. Karena kualitas bagus, berbagai macam ikan yang berada di kawasan perairan Pacitan kini menjadi komoditi potensi perikanan yang sudah diekspor.

Berikut komoditi perikanan pacitan yang sudah diekspor :

Udang Lobster

Salah satu komoditi sektor perikanan yang sangat bagus dan mempunyai nilai jual tinggi adalah udang Lobster. Jenis udang Lobster yang dihasilkan di perairan Pacitan adalah jenis Mutiara, Pasir, Batu dengan Produksi mencapai 15.625 Kg pertahun. Budidaya udang lobster ini sudah menembus pasar ekspor seperti Singapura, Hongkong dan Jepang melalui pedagang dan perusahaan yang ada di Surabaya, Semarang, Kediri dan Jakarta.

Rumput Laut

Rumput laut merupakan salah satu komoditi unggulan yang saat ini mulai di budidayakan di Kabupaten Pacitan kegunaan Rumput Laut adalah pembuatan bahan makanan seperti agar-agar, juga untuk bahan kosmetika dan kesehatan.Produksi setiap tahun mencapai 72.550 kg.Daerah pemasaran: Bali, Surabaya, dan Jakarta.

Ikan dan Sirip Ikan

Jenis ikan yang berorientasi ekspor adalah Bawal mencapai 6.281 Kg, Layur mencapai 65.647 Kg, Kerapu mencapai 5.631 Kg.Sedang yang dimaksud dengan sirip ikan adalah Sirip Ikan Hiu yang berguna untuk menambah gizi. Produksinya mencapai 3.630 Kg/tahun, dengan daerah pemasaran di Surabaya, Bandung, dan Jakarta.

Untuk mengembangkan potensi perikanan di Pacitan, berbagai usaha telah dilaksanakan, selain adanya TPI, juga menjamurnya berbagai perusahaan perikanan. Pengusaha di Bidang Perikanan, dengan fokus pengembangan usaha adalah udang lobster dan bermacam ikan, perusahaan tersebut yaitu, UD Wahyu Samudra di Desa Semanten, Kecamatan Pacitan, kemudian yang kedua adalah UD Gunung Agung, di Kelurahan Sidoarjo Kecamatan Pacitan. Yang ketiga adalah UD Wahyu Samudra di Desa Semanten, Kecamatan Pacitan. Yang kelima adalah UD Mina Usaha, di Kelurahan Ploso Pacitan.

Selain fokus usaha pada udang lobster dan bermacam jenis ikan, usaha perikanan lainnya adalah berfokus pada rumput laut, misalnya di UD Sari Laut di daerah Desa Sekar, Kecamatan Donorojo. Ada juga UD Grindulu Emas di Desa Arjowinangun, Kecamatan Pacitan dengan fokusnya juga budidaya rumput laut.