Gunung Limo dan Pandean Pacitan (2)

oleh -13646 views
Gunung Limo Pacitan
Gunung Limo Pacitan
Gunung Limo Pacitan
Gunung Limo Pacitan

Pacitanku.com, KEBONAGUNG— Pada zaman dulu, Gunung Limo lebih dikenal karena memang wilayah ini digunakan sebagai tempat untuk bertapa para orang sakti. Banyak empu yang sering bertapa disini karena memang daerahnya yang nyaman, sejuk, sehingga kemungkinan para empu tersebut bisa fokus dalam bertapa. Salah satu tokoh bertapa yang terkenal adalah Tunggul Wulung.

Pun demikian dengan tokoh lainnya, yaitu Empu yang berasal dari Pajang. Saat ini kita bisa menyaksikan Petilasan Kyai Wonogati ada di Desa Mantren Kecamatan Kebonagung Pacitan.

Selain tempat bertapa, Wilayah Gunung Limo adalah tempat yang digunakan untuk Pandean. Dalam kisah sejarah pejalanan kabupaten Pacitan, pernah untuk satu dekade Pacitan menjadi referensi utama dalam pembuatan keris. Tepatnya adalah sejak keruntuhan Majapahit atau sekitar tahun 1470-an, daerah yang dulu terkenal dengan nama Wengker Kidul ini dikenal sebagai daerah empu yang membuat keris dengan kualitas yang baik.

Selain Pacitan, yaitu tepatnya di wilayah Gunung Limo, daerah pembuat keris yang terkenal lainnya adalah wilayah Bagelen di Kabupaten Banyumas dan wilayah Madiun. Keunggulan dari keris Pacitan pada wkatu itu adalah terkenal kuat dan tahan lama, pamornya dari besi sejati.

Ikuti terus penelusuran redaksi Pacitanku Online untuk Pandean Gunung Limo.

Sumber : The Heaven Of Indonesia

Foto : Dok. Pacitanku