Hari Pahlawan, Pacitan Gelar Lomba Gerak Jalan Napak Tilas Jenderal Soedirman

oleh -492 views
Napak Tilas Gerilya Jenderal Soedirman Pacitan
Napak Tilas Gerilya Jenderal Soedirman Pacitan
Napak Tilas Gerilya Jenderal Soedirman Pacitan
Napak Tilas Gerilya Jenderal Soedirman Pacitan tahun lalu, Foto : Detik

Pacitanku.com, PACITAN—Dalam rangka memperingati hari Pahlawan pada Ahad (10/11) mendatang, Pemerintah Kabupaten Pacitan menggelar agenda gerak jalan napak tilas rute gerilya jenderal Sudirman di wilayah Pacitan. Monumen yang akan dijadikan lomba gerak jalan kali ini adalah Monumen Tumpak Rinjing di Pacitan. Gerak jalan dilakukan secara estafet dengan masing-masing etape sejauh 2 kilometer.

Untuk yang menuju monumen Tumpak Rinjing, gerak jalan yang diikuti puluhan kelompok dari berbagai instansi di Pacitan ini menempuh jarak sekitar 32 Km dengan dimulai dari SMP Negeri 1 Pacitan, berlanjut ke Bangunsari, Sedeng, Pringkuku, Dadapan, menuju Monumen Tumpak Rinjing, Ploso, dan finish di Baleharjo di tempat semula.

Khusus di Pakisbaru, Nawangan, seperti diketahui Kabupaten Pacitan memiliki sejumlah situs sejarah perjuangan Panglima Besar Jenderal Sudirman selama memimpin gerilya melawan penjajah. Di daerah ini pula Sudirman pernah tinggal di rumah penduduk sebagai markas selama tiga bulan yang hingga kini masih diabadikan tempat tinggalnya.

Redaktur : Dwi Purnawan (ikuti di Twitter @dwi_itudua)