Indartato : Gerak Jalan Pupuk Nasionalisme

oleh -131.014 views
Peserta Gerak Jalan Palagan Tumpak RInjing
Peserta Gerak Jalan Palagan Tumpak RInjing
Peserta Gerak Jalan Palagan Tumpak RInjing
Peserta Gerak Jalan Palagan Tumpak RInjing

Pacitanku.com, PACITAN—Ribuan peserta dari berbagai elemen masyarakat, Jum’at (8/10) mengikuti lomba gerak jalan Palagan Tumpak Rinjing. Agenda dua tahunan yang digelar Dewan Harian Cabang (DHC) 45 Pacitan itu memperebutkan piala bergilir Bupati.

Peserta tercatat sebanyak 290 regu dengan jumlah masing masing regu sebanyak 11 orang. Selain itu juga turut serta sebanyak 80 partisipan baik perorangan maupun beregu. Keberadaan mereka diluar peserta lomba yang akan dinilai karena hanya sebagai sebagai peserta kehormatan.

Menurut ketua DHC 45 Pacitan Imam Haryono mengatakan, kejuaraan lomba gerak jalan palagan Tumpak Rinjing diambil kejuaraan I, II dan III untuk kategori umum dan pelajar. Kepada pemenang akan diberikan piagam serta uang pembinaan dengan total hadiah Rp.43 juta. Tidak hanya itu, para pemenang lomba juga mendapat kehormatan mengikuti upacara peringatan hari Pahlawan 10 Nopember yang dipusatkan dimonumen nasional Panglima Besar Jenderal Soedirman di Desa Pakisbaru Kecamatan Nawangan.

Antusiasme peserta dan warga yang melihat gerak jalan palagan Tumpak Rinjing membuat Bupati Pacitan Indartato bangga. Saat memberikan sambutan sebelum pemberangkatan, orang nomor satu di Pacitan itu mengatakan, ini merupakan bentuk penghargaan masyarakat Pacitan terhadap jasa para pahlawan. Terutama perjuangan Jenderal  Soedirman kala bergerilya melawan penjajah di bumi Pacitan.

Bangsa yang besar menurut Bupati adalah bangsa yang selalu menghargai jasa para pahlawanya. Melalui kegiatan ini akan terpupuk nilai kejuangan dan nasionalisme. Terpatri semangat mengisi kemerdekaan demi tegak kokohnya 4 pilar kebangsaan. Yakni, Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bihneka Tunggal Ika.

Selain gerak jalan palagan Tumpak Rinjing yang digelar DHC 45, peringatan hari pahlawan 10 Nopember di Pacitan juga diperingati Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Pacitan dan TNI dengan menggelar napak tilas rute gerilya Jenderal Soedirman. Agenda ini berlangsung tahunan dengan jarak tempuh lebih dari 40 km.  Berlangsung mulai 7 nopember hingga 10 Nopember melewati 6 kecamatan. Perjalanan napak tilas tersebut berlangsung estafet mulai dari Desa Klepu Kecamatan Ngadirojo dan finis di Monumen Nasional Jenderal Soedirman di Kecamatan Nawangan.

Sumber : Pacitankab.go.id

Foto : Humas Pemkab Pacitan