Seni Rontek Sambut Kedatangan SBY di Kampung Halaman

oleh -13549 views
Rontek menyambut kedatangan SBY sumber detik
Rontek menyambut kedatangan SBY sumber detik
Rontek menyambut kedatangan SBY sumber detik
Rontek menyambut kedatangan SBY sumber detik

Pacitanku.com, PACITAN—Kedatangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)  ke kampung halaman menjadi magnet bagi masyarakat Kabupaten Pacitan. Beragam bentuk atraksi pun dilakukan menyambut kedatangan SBY. Salah satu jenis atraksi yang disuguhkan adalah rontek.

Seni tradisional khas 1001 Gua tersebut dimainkan oleh ribuan siswa SD hingga SMA dari 3 wilayah kecamatan yang menjadi rute kedatangan SBY yakni Kecamatan Donorojo, Punung dan Pringkuku. Dari pantauan, Selasa (15/10), mulai kawasan Glonggong di perbatasan Provinsi Jawa Tengah hingga Kota Kecamatan Pacitan, para siswa berseragam lengkap tampak berbaris rapi di pinggir jalan.

“Bangga rasanya bisa ikut melihat dari dekat Pak SBY. Selama ini kan hanya di TV,” ujar seorang siswa SD berseragam Pramuka di tepi jalan Desa Wareng, Kecamatan Punung.

Padatnya kondisi juga terlihat di pertigaan ruas KUA Kecamatan Punung. Warga masyarakat tampak membludak memenuhi trotoar untuk menyapa kepala negara yang akan mampir ke Pantai Klayar. Ruas jalan tersebut merupakan rute menuju pantai wisata di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo.

Presiden beserta rombongan tiba di batas wilayah barat Kabupaten Pacitan sekitar pukul 15.00 WIB. Mengawali kunjungan selama 3 hari, presiden melihat dari dekat keindahan Pantai Klayar.

Sumber/Foto : Detik