Meriahkan Idul Adha, Ponpes Tremas Gelar Takbir Keliling

oleh -13720 views
Pawai Takbir Keliling (sumber Foto Attarmasi Ma'had Aly)
Pawai Takbir Keliling (sumber Foto Attarmasi Ma'had Aly)
Pawai Takbir Keliling (sumber Foto Attarmasi Ma'had Aly)
Pawai Takbir Keliling (sumber Foto Attarmasi Ma’had Aly)

Pacitanku.com, ARJOSARI–Agenda besar kembali digelar oleh keluarga besar Perguruan Islam Pondok Tremas PacitanDalam rangka memeriahkan hari Raya Idul Adha 1434 H.  Ribuan peserta meramaikan Lomba TakbirKeliling yang sudah menjadi agenda rutin setiap tahunya. Tak kurang dari limaribu orang ambil bagian dalam acara yang dilaksanakan pada malam hari Raya IdulAdha, senin malam (14/10).

Lomba takbirkeliling yang diayahi oleh Panitia Hari besar islam (PHBI) Perguruan IslamPondok Tremas Pacitan mengambil start di halaman masjidPondok Tremas Pacitan menuju arah kota Arjosari – desa Gembong dan berakhir dikompleks Pondok Tremas.

Peserta yang terdiri dari para santri dan masyarakat menempuh route sepanjang 5 KM denganmengumandangkan takbir serta menampilkan kreasi karya seni mereka. Kreasi yangdiusung  pada perlombaan kali ini cukupberagam, Mulai dari replika hewan qurban, masjid, mobil hias dan beberapakreasi yang sangat kreatif serta menarik.

Ribuan massa yangmenyaksikan disepanjang jalan yang dilalui peserta lomba dibuat kagum denganarak-arakan peserta. Maklum moment seperti ini hanya dilaksanakan satu kalidalam setahun. Tak jarang dari mereka mengabadikan lomba tersebut dengan kameraponselnya.

Pantauan Attarmasi Ma’had Aly, kemacetan lalu lintas juga terjadi di sepanjang jalan yang dilalui peserta lomba, kendaraan yang masuk dariarah Ponorogo ataupun sebaliknya dari arah  Pacitan terpaksa diberhentikan sementara olehpihak keamanan dari Polsek Arjosari dan gabungan Polres Pacitan.

Lantunan suara takbir terus dikumandangkan oleh seluruh peserta lomba, yangsangat menarik adalah ikut sertanya masyarakat yang sudah berusia lanjutmenjadikan acara lomba terasa sangat khidmat.

Selain lomba takbir keliling, agenda lain yangdilaksanakan di Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan adalah penyembelihanhewan Qurban serta manasik haji bagi santri kelas Aliyah Mu’adalah.

Sumber : Attramasi Ma’had Aly

Redaktur : @Robbyagustav on twitter