Majukan Budidaya Laut, Pemkab Pacitan Kembangkan Rumput Laut Grasilaria SP

oleh -13534 views
Tanam rumput laut Pacitan
Tanam rumput laut Pacitan

Pacitanku.com, NGADIROJO—Pemerintah Kabupaten Pacitan terus melakukan inovasi demi mengentaskan masyarakat dari kemiskinan. Yang teranyar, terobosan baru dilakukan Pemkab dengan menanam rumput laut untuk mensukseskan budidaya air payau, Kamis (1/8) di Pantai Soge, Sidomulyo, Ngadirojo.

Agenda penanaman rumput laut jenis Grasilaria SP tersebut di pimpin langsung oleh Bupati Pacitan, Indartato. Indartato melakukan agenda penanaman rumput laut ini bersama masyarakat Desa Sidomulyo Kecamatan Ngadirojo, didampingi Pengurus Damandiri dan dari ahli rumput laut dari Universitas Panca Sakti (UPS).

Terkait penanaman rumput Grasilaria, Tabrani yang juga pakar rumput dari UPS mengatakan bahwa rumput Grasilaria ini penanamannya sangat mudah, karena tinggal tebar saja dan tidak perlu memakai tali seperti jika menanam jenis cotoni. “hanya butuh waktu dua sampai tiga bulan sudah bisa dipanen” jelasnya.

Lebih lanjut, ahli laut universitas di Tegal ini mempunyai keyakinan bahwa budidaya rumput laut jenis Grasilaria SP sangat menjanjikan secara ekonomi karena sudah ada pemasok yang akan mendistribusikannya.

Tabrani juga berharap agar kedepannya warga pembudidaya juga bisa menjadi pengolah rumput laut sehingga bisa menjual dalam bentuk jadi ataupun setengah jadi.

Sementara itu, Bupati Pacitan, Indartato, berharap budidaya rumput laut ini mampu mengangkat perekonomian masyarakat. Dikatakannya, sebelumnya di pacitan sudah pernah dibudidayakan rumput laut, tetapi yang ditanam di air asin seperti jenis cotoni. “Yang dibudidayakan di air payau baru pertama kali ini” imbuhnya.

Seperti diketahui, program budidaya rumput laut jenis grasilaria SP ini tak bisa dilepaskan dari upaya pelopor Posdaya, Prof Haryono Suyono untuk memberdayakan perekonomian rakyat kecil. (Dep/Pct/Hum)

Redaktur : Panji Munir

Foto : Humas Pemkab Pacitan