Gigi Ternyata Bisa Tumbuh Dengan Air Seni

oleh
gigi-putih
gigi-putih

Pacitanku.com—Ilmuwan Cina berhasil menumbuhkan gigi dari sumber sel air kencing atau urine. Tim dari Cina berharap teknik tersebut dapat dikembangkan untuk mengganti gigi yang hilang. Meskipun, peneliti memperingatkan banyak hambatan untuk menumbuhkan gigi dari sel induk (stem cell) dari urine.

Peneliti dari Guangzhou Institute of Biobedicine and Health menggunakan urine untuk awal penelitian. Sel yang normalnya lepas dari tubuh, seperti dari lapisan cairan tubuh diambil di laboratorium. Sel-sel yang terkumpul kemudian menjadi sel induk.

Campuran sel dan bahan lain dari seekor tikus kemudian ditanam di hewan tersebut. Para peneliti mengatakan, setelah tiga pekan sel mulai menyerupai gigi. Gigi tersebut memiliki struktur seperti pulpa, dentin, dan enamel. Namun, gigi tersebut tidak sekeras gigi alami.

Hasil penelitian yang dilaporkan BBC tersebut tidak segera akan menjadi pilihan baru dokter gigi. Peneliti mengatakan, hasil itu bisa membuat studi lanjutan untuk regenerasi gigi manusia dengan terapi klinis.

Ilmuwan Stem Cell dari Universitas London, Chris Mason, mengatakan urine merupakan sumber yang buruk. “Anda bisa tidak melakukannya dengan cara ini,” ujarnya.

Dia memperingatkan risiko kontaminasi seperti bakteri yang jauh lebih tinggi dibandingkan sumber lain dari sel. “Tantangan besar di sini adalah gigi memiliki pulpa dengan saraf dan pembuluh darah yang membuatnya terintegrasi menjadi gigi permanen,” tandasnya. (Dep/Pct/BBC)