Sahabat Tenggang, Mengajar Dengan Cinta Untuk Anak Pesisir Semarang

oleh -722 views
Siswa dan Guru Sahabat Tenggang sedang mengadakan acara bersama
Siswa dan Guru Sahabat Tenggang sedang mengadakan acara bersama

Pacitanku.com, SEMARANG—Mendidik pada hakikatnya adalah menumbuhkan kesadaran kepada peserta didik tentang hakikat hidup dan kehidupan, termasuk didalamnya adalah menanamkan nilai – nilai kepada siswa.

Hal itulah yang mendasari 15 mahasiswa dari Universitas Diponegoro (Undip) dan Universitas Negeri Semarang (Unnes) untuk turut berpartisipasi aktif dalam aksi sosial sahabat pulau Tenggang.

Sahabat Tenggang adalah sekumpulan kawan-kawan yang mewakili Sahabat Pulau Chapter Semarang, yang mempunyai misi mulia, dengan mendampingi anak-anak di kampung tenggang dalam kegiatan pendidikan. Kampung tenggang sendiri adalah perkampungan warga di sekitar jalan Kaligawe, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Salah satu agendanya adalah merintis Rumah Baca harapan, dimana aksi sosial ini semata untuk mendampingi anak – anak yang notabene anak pesisir yang kurang perhatian dari pihak keluarga, terutama dari sisi pendidikan.

“Ada 45 anak yang kami bina, dimana kebanyakan dari mereka kurang perhatian, terutama sisi pendidikan,” terang Enra Riesti, salah satu guru Sahabat tenggang, dalam wawancaranya kepada Pacitanku, Selasa (30/7) di Semarang.

Dalam metode pendampingannya, imbuh Enra, anak – anak tersebut diajak untuk mengenal lebih dalam tentang kondisi sosial sekaligus belajar nilai dan etika.

“walaupun jam belajar hanya terbatas dua jam, yakni pukul 16.00-18.00, kita berikhtiar agar anak – anak generasi penerus itu bisa memanfaatkan waktu mereka sebagai anak – anak dengan sebaik – baiknya,” tandas alumni FISIP Undip ini.

Sebagai sarana penunjang, kata Enra, di Sahabat Tenggang ini disediakan beberapa fasilitas seadanya namun sesuai kebutuhan bagi anak – anak tersebut. “ Ada Rumah baca, kadang kita juga mengadakan nonton film bersama, dan berbagai agenda bersama lainnya,” pungkasnya. (Dep/Pct)