Konsumsi Soda Berlebih Berdampak Buruk Bagi Jantung

oleh -340 views
Minuman berkaleng soda
Minuman berkaleng soda

Pacitanku.com— Terlalu banyak mengkonsumsi minuman bersoda ternyata memiliki dampak buruk bagi tubuh. Selain bisa berakibat pada penambahan berat badan, sebuah penelitian baru menemukan, minuman ini juga memiliki dampak buruk bagi jantung.

Penelitian tersebut berawal dari kasus yang menimpa seorang wanita berusia 31 tahun asal Monaco. Dia dilarikan ke rumah sakit karena menderita detak jantung yang tidak teratur dan pingsan. Belakangan diketahui, wanita itu hanya meminum minuman bersoda sejak usia 16 tahun. Dia terbiasa meminum dua liter minuman bersoda setiap hari.

Pasca kejadian tersebut, para peneliti kemudian menganalisis kasus sampel orang yang suka mengkonsumsi minuman soda lainnya. Dari penelitian tersebut akhirnya menemukan hasil  kebiasaan tersebut dapat memicu rusaknya fungsi jantung, detak jantung tidak teratur, bahkan dapat menyebabkan kematian.

Dari hasil penelitian tersebut, minum terlalu banyak minuman bersoda dapat menurunkan kadar potasium dalam tubuh. Sirup jagung tinggi fruktosa dan kafein yang merupakan bahan baku minuman bersoda memicu berkemih atau diuretik. Akibatnya, konsumsi minuman soda yang berlebihan dapat memicu hilangnya sebagian besar potasium dari tubuh.

Dikarenakan potasium membantu menjaga detak jantung tetap teratur, kekurangan potasium dapat menyebabkan ketidakteraturan detak jantung. “Konsumsi kafein juga dapat mengganggu kerja ginjal,” ujar penulis studi Nadir Saoudi, Ketua Divisi Kardiologi dari Princesse Grace Medical Centre, Monaco, belum lama ini.

Ia mengatakan, kadar potasium yang rendah juga dapat merusak otot. Sekali otot rusak, komponen di dalam otot akan keluar dari jaringan dan terbawa aliran darah. Hal ini akan merusak keseimbangan elektrolit tubuh dan memicu gangguan jantung yang lebih berat.

“Selain itu, minuman bersoda juga dapat memicu kegemukan, yang merupakan faktor risiko dari penyakit jantung,” ujarnya.

Para peneliti bersepakat agar minum minuman bersoda tidak lebih dari 473 mililiter per hari, hal itu juga harus diimbangi dengan mengkonsumsi air putih dan makanan bergizi lainnya. (Pct/Tajuk/Dwi)

Sumber : Tajuk.co