7 Cara Ampuh Membersihkan Lantai Dapur Tanpa Ribet

oleh -206 Dilihat
Foto: https://img.freepik.com/free-photo/black-woman-doing-house-chores_53876-14722.jpg

Pacitanku.com, PACITAN — Menjaga kebersihan dapur adalah salah satu tantangan tersendiri apalagi jika setiap harinya Anda suka memasak makanan berminyak. Saat menggoreng, minyak tidak hanya menempel pada kompor tetapi juga ke area lantai dapur. Jika tidak segera dibersihkan, lantai menjadi licin sehingga tidak nyaman ketika diinjak dan juga membahayakan penghuni rumah.

Namun, jangan khawatir karena kini ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan lantai dapur. Mulai dari bahan alami seperti cuka apel hingga yang paling ampuh, yakni menggunakan floor cleaner. Dengan cara tersebut, maka lantai dapur Anda akan bersih dan bebas licin.

7 Cara Ampuh Membersihkan Lantai Dapur Tanpa Ribet

Menjaga kebersihan lantai dapur ternyata bisa dilakukan dengan mudah karena ada beberapa cara yang bisa dipilih. Yuk, simak apa saja cara ampuh untuk membersihkan lantai area dapur, berikut ini:

1. Manfaatkan Air Panas dan Detergen

Anda bisa membuat lantai dapur kembali kesat dengan menggunakan air panas beserta detergen. Caranya sangat mudah karena Anda cukup menyiapkan air panas dan tuangkan detergen secukupnya. Kemudian, gunakan lap pel atau kain pel untuk mengaplikasikan campuran tersebut ke lantai dapur Anda.

2. Gunakan Baking Soda

Cara lain yang bisa Anda coba untuk membuat lantai dapur bebas licin adalah dengan menggunakan baking soda. Untuk membuat cairan pembersih lantai dapur, Anda dapat mencampurkan 125 ml air dan 2 hingga 3 sendok makan baking soda.

Kemudian, campurkan juga 2 sendok makan cuka putih dan 1 sendok makan deterjen. Kocok berbagai bahan tersebut hingga tercampur rata dan masukkan ke dalam botol semprot.

Anda tinggal menyemprotkan cairan tersebut ke dalam lantai yang berminyak dan diamkan beberapa menit. Setelah itu, lap dengan kain bersih hingga minyak di lantai hilang. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa membersihkan kembali lantai tersebut dengan air dan pembersih lantai.

3. Gunakan Sabun Cuci Piring

Sabun cuci piring memang bermanfaat untuk menghilangkan kandungan minyak. Oleh karena itu, sabun cuci piring bisa juga digunakan untuk membersihkan lantai dapur. Anda tinggal melarutkan beberapa tetes cairan pencuci piring dan tambahkan sedikit air. Untuk mengangkat minyak yang menempel, gunakan spons dalam mengaplikasikan campuran larutan yang sudah dibuat tersebut.

4. Pakai Cuka Apel dan Garam

Campuran cuka apel dan garam bisa juga dijadikan sebagai pembersih lantai dapur. Caranya yakni dengan mencampurkan cuka apel yang telah diberi sedikit garam. Kocok kedua bahan tersebut hingga tercampur rata dan masukkan ke dalam botol semprot.  Anda bisa menyemprotkan larutan tersebut ke bagian lantai yang berminyak dan lap dengan kain bersih.

5. Pakai Air Lemon dan Garam

Selain menggunakan cuka apel, Anda juga bisa memanfaatkan air lemon yang dicampur dengan sedikit garam untuk membersihkan lantai yang berminyak. Pasalnya, air lemon bersifat asam sehingga dapat mengangkat kotoran dan minyak yang menempel di dapur dengan efektif.

6. Bubuhkan Tepung Terigu

Tepung terigu bisa digunakan untuk mengikat minyak. Dengan begitu, jika lantai dapur Anda ketumpahan minyak, langsung saja taburkan tepung terigu secukupnya. Diamkan beberapa saat hingga seluruh minyak terserap. Kemudian, sapu tepung terigu tersebut dan bilas lantai menggunakan air dan cairan pembersih lantai.

7. Gunakan Cairan Pembersih Lantai

Cara terakhir yang lebih simple dan efisien adalah dengan menggunakan cairan pembersih lantai. Anda tinggal menggunakan air yang dicampurkan dengan pembersih lantai secukupnya. Kemudian, gunakan kain pel untuk mengaplikasikan campuran tersebut ke lantai hingga terasa kesat.

Itulah 7 cara membersihkan lantai dapur yang mudah dilakukan dan dijamin ampuh. Untuk memudahkan Anda, belilah berbagai produk cairan pembersih lantai yang berkualitas dengan harga terjangkau di Blibli. Pasalnya, Blibli menawarkan berbagai promo, seperti flash sale, voucher cashback, dan juga gratis ongkir sehingga belanja pembersih lantai bisa lebih hemat.

No More Posts Available.

No more pages to load.