Paguyuban Pemilik Homestay Watukarung Temui DPRD Pacitan, Minta Dibantu Proses Perijinan

oleh -695 Dilihat
Paguyuban Pemilik Homestay Watukarung Temui DPRD Pacitan, Minta Dibantu Proses Perijinan. (Foto: Putro Primanto/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Pesatnya pembangunan homestay di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Pacitan ternyata tidak diimbangi dengan kepahaman tata ruang. Dari 40 bangunan homestay, ternyata sebagian belum atas izin dari Pemkab Pacitan.

Bahkan izin dari Provinsi juga belum mereka kantongi dengan dalih homestay yang mereka bangun tersebut hanya kecil masuk usaha mikro karena kamarnya juga ukuran kecil.

Atas kondisi itu, paguyuban pemilik homestay Watukarung menemui Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan.

Dalam pertemuan itu hadir Ketua DPRD Pacitan, Ronny Wahyono, Wakil ketua DPRD Pacitan Prabowo, Ketua Komisi III DPRD Pacitan Anung Dwi Ristanto dan Ketua Komisi IV DPRD Pacitan Pujo Setyo Hadi.

Salah satu perwakilan pemilik homestay, Candra menyampaikan aspirasinya bersama dengan DPRD diharapkan adanya bantuan dari Pemkab Pacitan untuk membantu proses pengurusan perijinan homestay di sekitar Watukarung.

“Artinya kami berupaya antisipasi agar Pemkab memberi akses untuk memproses perijinan dengan mudah, secepat-cepatnya, sehingga tidak terjadi secara teknis di sanksi seperti ini, kasihan saya sama temen-teman pengelola homestay, mereka mengaku rugi secara finansial,”ujarnya, Selasa (2/4/2024).

Lebih lanjut, dalam pembacaan aspirasinya, Candra membeberkan sejumlah ijin yang belum dimiliki sejumlah homestay di Pacitan.

“Ada banyak pak diantara kami ini yang belum memiliki ijin seperti Nomor Induk Berusaha (NIB), Ijin Penginapan, Ijin Sepadan Pantai, Ijin Penggunaan air tanah dan sejumlah ijin lainnya,”imbuh dia.

Sementara, Ketua DPRD Pacitan Rony Wahyono mengatakan anggota dewan perwakilan rakyat daerah siap memfasilitasi bersama Organisasi Perangkat Daerah terkait untuk mempermudah mengurus izin.

Dengan harapan pengelola penginapan di watukarung bisa lengkap perijinannya sehingga bisa kerja dengan aman dan nyaman sehingga mendapatkan keuntungan yang baik tidak di bayangi ketakutan.

“Jika pelaksanaan proses izin ada yang kurang pas, komisi DPRD siap mengawal, paguyuban juga bisa langsung koordinasi dengan ketua dprd juga jika menemukan kendala ditengah perjalanan kami siap membantu,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.