Cerita Ananda Afi, Mahasiswa di Pacitan yang tak Gengsi Kuliah Sambil Kerja Dirikan Spa

oleh -426 Dilihat
Cerita Ananda Afi, Mahasiswa di Pacitan yang tak Gengsi Kuliah Sambil Kerja Dirikan Spa. (Foto: Bir Nadian Wildan Ihsana)

Pacitanku.com, PACITAN – Masa kuliah biasanya adalah masa dimana seorang mahasiswa menuntut ilmu. Namun banyak diantara para mahasiswa yang menuntut ilmu sambil bekerja untuk menopang kebutuhan kuliah. Seperti yang dilakukan oleh Ananda Alfi.

Mahasiswa semester 6 jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) STKIP PGRI Pacitan ini tidak gengsi kuliah sambil bekerja di kampus ternama di Pacitan itu.

Sebelum kuliah, Ananda sempat tertunda untuk mengenyam bangku sarjana setelah kuliah tahun 2019 lalu. Hal itu lantaran faktor ekonomi. Dia pun kemudian bekerja di DI Yogyakarta dan menjadi terapis.

Setahun berselang, dia diberhentikan dari pekerjaannya karena COVID-19 dan kembali pulang ke Pacitan.

Di Pacitan, Ananda mendirikan usahanya, yakni Salsabila Homespa yang ia rintis sejak tahun 2020. Berbekal kemampuannya saat bekerja di Jogja, Ananda kemudian mendirikan usahanya bernama Salsabila Homespa.

“Saat kembali ke Pacitan, susah sekali untuk saya mencari pekerjaan. Oleh karena itu saya memberanikan diri untuk membuka pekerjaan sendiri saat usia saya masih 19 tahun,”kata Ananda, Senin (12/2/2024).

Setahun mendirikan usahanya, Ananda kemudian mendaftar untuk kuliah pada tahun 2021 di STKIP PGRI Pacitan.

Ananda kemudian menceritakan alasan dirinya masuk jurusan PBI, yakni agar lancar berbahasa Inggris.

“Tujuan awal saya kuliah itu untuk nyenengin orang tua biar bisa lihat anaknya sarjana dan bisa Bahasa Inggris biar kalau dapat customer bule bisa ngobrol hehe, karena di Pacitan sudah banyak wisatawan manca negara yang minta massage juga,”jelas Ananda.

Saat ditanya terkait image pekerjaan seorang mahasiswa bekerja sebagai tukang urut, Ananda mengaku tidak gengsi. Justru, kata dia, hal itu membuatnya semakin bersemangat untuk bekerja.

“Banyak yang memandang negatif pekerjaan saya, tetapi tidakpapa dijadikan semangat saja. Cari kerja susah, jadi mahasiswa harus pintar-pintar buat cari celah usaha yang menghasilkan, ndak boleh gengsi, walaupun ndak bisa buat tujuan hidup setidaknya bisa menghidupi sementara,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.