Petani di Nawangan Sambut Musim Tanam dengan Suka Cita, Harapkan Pemerintah Antisipasi Kelangkaan Pupuk

oleh -294 Dilihat
Petani di Nawangan Sambut Musim Tanam dengan Suka Cita, Harapkan Pemerintah Antisipasi Kelangkaan Pupuk. (Foto: Andre Yoga Tama/Pacitanku)

Pacitanku.com, NAWANGAN – Musim penghujan yang tiba di Desa Gondang, Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, disambut dengan suka cita oleh para petani.

Hal ini karena musim penghujan merupakan pertanda dimulainya masa tanam pertama untuk tanaman padi.

Di Desa Gondang, para petani mulai menggarap sawahnya sejak akhir Januari 2024. Salah satu petani yang sudah mulai menggarap sawahnya adalah Paidi.

“Benih padi yang ia tanam sudah berumur 12 hari, kami bersyukur karena hujan yang turun di beberapa hari terakhir sangat deras,”kata Paidi, saat ditemui baru-baru ini.

Kondisi tersebut membuat Paidi semakin semangat untuk mulai mengolah tanah sawahnya.

“Harapannya, dengan hujan yang turun ini, tanaman padi saya bisa tumbuh dengan subur dan menghasilkan panen yang melimpah,”harapnya.

Sebelumnya, Paidi menceritakan musim kemarau panjang kermarin membuat petani padi di Gondang Nawangan menjerit. Sampai saat ini di beberapa wilayah, petani belum melakukan proses penanaman.

“Kemarau tahun ini panjang banget, seinget saya dari awal Januari sampai sekarang curah hujan tidak pasti,”imbuh dia.

Secara khusus, Paidi juga berharap menghadapi masa kemarau panjang tahun ini, pemerintah dapat memberikan program atau bantuan untuk petani tetap bisa produktif.

“Jika pemerintah serius membantu petani ada pengadaan sumur bor, jaringan listrik masuk areal pertanian untuk pompa air Sibel, perpipaan untuk pengairan lahan yang jauh dari sumur,”jelas dia.

Paidi berharap kepada pemerintah untuk mengantisipasi kelangkaan pupuk. Agar tidak terjadi kelangkaan yang terjadi seperti tahun sebelumnya karena terbatasnya pasokan pupuk yang masuk di desa Gondang.

“Waktu tahun kemarin saya sangatlah kecewa dengan pemerintah desa karena tanaman padi saya sudah mulai menghijau tapi tidak ada pupuk yang tersedia dan susah mendapatkannya,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.