Media Diharapkan Bisa Edukasi Masyarakat Tentang Pemilu dan Demokrasi

oleh -84 Dilihat
Keberadaan media memiliki peranan penting dalam suksesnya Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024. (Foto: Resi Wulandari/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Keberadaan media memiliki peranan penting dalam suksesnya Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024.

Hal itu disampaikan oleh mantan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pacitan Berty Stefanus HRW saat menjadi narasumber dalam media gathering pada Selasa (6/2/2024) di aula Hotel Srikandi Pacitan.

Baca juga: KPU Pacitan Gelar Rakor dengan Peserta Pemilu, Optimistis Agenda Coblosan Berjalan Lancar

Pria yang akrab disapa Berty ini mengungkapkan Pemilu yang tinggal menghitung hari diharapkan berjalan kondusif dengan peran serta dari awak media.

“Media memiliki peranan penting untuk menyukseskan Pemilu, selain itu media memiliki power dan kekuatan untuk menggerakan masyarakat. Media bisa menggerakan opini publik dan media juga masuk dalam sebuah demokrasi,”katanya.

Lebih lanjut, Berty mengatakan saat ini media mempunyai peranan, salah satunya berbagai informasi apapun yang terjadi di wilayah kita di Pacitan diperoleh dari media.

“Dan yang pasti media juga mampu memberikan suatu edukasi masyarakat soal fakta yang ditemukan di lapangan. Dari peran media berharap bisa membantu KPU untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang fakta yang ditemukan di lapangan,”imbuh dia.

Sementara, narasumber dari awak media, Purwoto mengungkapkan tentang sosial media sebagai pendukung dalam Pemilu 2024.

“Kontribusi positif media sosial salah satunya adalah menyebarkan informasi kebaikan, tapi apakah juga digunakan untuk hal negatif? tentu iya, karena yang menggunakan adalah manusia, salah satunya adalah penyebaran hoaks,”kata jurnalis senior Pacitan ini.

Selain pemaparan media dan peran edukasi, kegiatan media gathering itu juga diisi dengan penyampaian sosialisasi dari komisioner KPU Pacitan Eko Setiawan.

Eko meparkan tentang tata cara pemungutan dan penghitungan suara pemilihan umum tahun 2024

“Salah satunya dari mulai tata cara pencoblosan, suara sah dan tidak sah serta suara yang rusak,”ujar dia.

Kegiatan media gathering tersebut diikuti oleh puluhan awak media dari berbagai media lokal di Kabupaten Pacitan.

No More Posts Available.

No more pages to load.