Cerita Kyai Fuad Tentang Ayah SBY yang Pernah Menjadi Guru di Ponpes Tremas

oleh -643 Dilihat
Pengasuh Perguruan Islam Pondok Pesantren (Ponpes) Tremas KH Fuad Habib Dimyathi menceritakan sosok ayah Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang pernah menjadi guru atau pengajar di Pondok Tremas. (Foto: Dok. Youtube Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, ARJOSARI – Pengasuh Perguruan Islam Pondok Pesantren (Ponpes) Tremas KH Fuad Habib Dimyathi menceritakan sosok ayah Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), HR Soekotjo yang pernah menjadi guru atau pengajar.

Meski saat itu ayah SBY adalah seorang militer, tepatnya adalah Komandan Komando Rayon Militer (Danramil) dengan pangkat terakhir pembantu letnan satu (Peltu), namun rupanya pernah menjadi pengajar di Pondok Pesantren Tremas.

Baca juga: Cerita Tentang Soekotjo, Pejuang Kemerdekaan di Pacitan yang Juga Ayah Presiden ke-6 RI SBY

Hal itu disampaikan oleh ulama yang akrab disapa Gus Fuad itu saat memberikan sambutan dalam kedatangan SBY, Rabu (24/1/2024) di halaman Ponpes Tremas, Desa Tremas, Kecamatan Arjosari, Pacitan.

Kakang santri, mbak-mbak santri, ayah kandung Pak Bambang (SBY, red) yakin bapak Imam Ad’roi atau bapak Soekotjo adalah guru di Ponpes Tremas ini, yang ngendikan (bilang) kepada saya adalah sesepuh Tremas Mbah Haji Rotal, beliau bilang Gus, aku iki ndhisik diwulang madrasah sore lho nyang ramane mas Presiden,”kata Gus Fuad menceritakan sosok ayah SBY.

Gus Fuad mengungkapkan, Ayah SBY saat itu mengajar salah satu mata Pelajaran (mapel) yang saat ini sudah tidak diajarkan lagi.

“Saya bilang njenengan dikasih pelajaran apa? kemudian Mbah Rotal (sesepuh Tremas), saat itu ngendikan (bilang), pelajarane saiki (sekarang, red) wes ora enek gus, jenenge (namanya) pelajaran berhitung dan sejarah, zaman sekarang tidak ada, zaman sekarang adanya kalkulator dan sebagainya,”jelas Gus Fuad.

Dalam kesempatan itu, Gus Fuad juga merasa bangga kepada sosok SBY yang pernah menjadi Presiden RI.

Secara khusus Gus Fuad juga menyampaikan penghargaan atas kehadiran SBY di Ponpes Tremas.

“Saya menyampaikan penghargaan sedalam-dalamnya atas kerawuhan (kedatangan) bapak SBY, kami menyampaikan ahlan wa sahlan bihudurikum ditengah-ditengah putra-putra panjenengan, kami berharap silaturahmi ini menjadikan putra-pura kita termotivasi menjadi orang-orang yang berguna bagi lingkungan, masyarakat banga dan negaranya,”pungkasnya.

Sebagai informasi, SBY mengisi kuliah umum di Ponpes Tremas. Sambutan meriah dan luar biasa mengiringi kunjungan SBY ke salah satu Ponpes tertua di Jawa Timur tersebut. Mulai dari sholawatan hingga hadiah berupa sorban berwarna hijau yang dikalungkan langsung oleh pengasuh Ponpes Tremas KH Habib Fuad Dimyathi kepada SBY.

Turut hadir dalam kesempatan itu Anggota DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono, Sartono Hutomo dan juga Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, Wakil Bupati Pacitan Gagarin, Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono, Sekretaris Daerah Heru Wiwoho dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pacitan.

Dalam kesempatan itu juga turut hadir ribuan santri Pondok Tremas dan perwakilan sekitar 30 Pondok Pesantren se-Kabupaten Pacitan.

Video Napak Tilas Perjuangan Kiai Hamid Dimyathi Tremas Pacitan