SBY Isi Kuliah Umum di Ponpes Tremas, Kyai Fuad: Kami Bangga Pak SBY

oleh -1111 Dilihat
Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi narasumber dalam kuliah umum di Pondok Pesantren (Ponpes) Tremas, Desa Tremas, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan pada Rabu (24/1/2024). (Foto: Dok. Yotube Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, ARJOSARI – Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi narasumber dalam kuliah umum di Pondok Pesantren (Ponpes) Tremas, Desa Tremas, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan pada Rabu (24/1/2024).

SBY beserta rombongan hadir mengenakan baju koko putih bersarung biru dan juga berpeci disambut meriah ribuan santri Pondok Tremas di sepanjang jalan menuju lokasi acara di halaman Ponpes tersebut.

Sambutan meriah juga mengiringi kunjungan SBY ke salah satu Ponpes tertua di Jawa Timur tersebut. Mulai dari sholawatan hingga hadiah berupa sorban berwarna hijau yang dikalungkan langsung oleh pengasuh Ponpes Tremas KH Fuad Habib Dimyathi kepada SBY.

Dalam sambutannya, pengasuh Ponpes Tremas Kyai Fuad atau akrab disapa Gus Fuad mengungkapkan kebanggaannya kepada SBY yang pernah menjadi Presiden RI.

“Kami sampaikan terimakasih kepada Pak SBY, putra asli Pacitan yang kakang kawah adi ari-arinya ditanam di Desa Tremas, yang lahirnya 50 meter dari Pondok Tremas putri,”kata Gus Fuad mengawali sambutannya.

Lebih lanjut, Kyai Fuad juga menceritakan bahwa SBY menjadi sosok pemimpin pertama di Indonesia yang terpilih langsung oleh rakyat.

Pengasuh Ponpes Tremas KH Habib Fuad Dimyathi saat menyambut di hadapan SBY pada Rabu (24/1/2024). (Foto: Dok Youtube Pemkab Pacitan)

“Beliau membuat saya juga bangga. Kalau kita lihat Presiden sebelum Pak SBY, Pak Soekarno yang memilih adalah MPRS paling 400 sampai 500, setelah itu ada pak harto yang tadi gambarnya juga ditayangkan, beliau tindak kesini (Tremas) tahun 70 sekian, pak Harto juga dipilih oleh DPR/MPR, kemudian Presiden ketiga Pak Habibie, Pak Habibie lengser baru muncullah presiden santri yaitu KH Abdurrahman Wahid, gusdur lengser diganti presiden kelima diganti eyang putri Megawati,”paparnya.

“Lha satu-satunya yang terpilih pertama kali oleh rakyat adalah Pak SBY, makanya saya bangga marem mahkota kencana kepresidnean yang keenam yang pertama kali dipilih oleh makhluke gusti Allah soko sabang sampai Merauke, dimana yang notabene beliaunya dilahirkan di Desa Tremas ini,”jelasnya.

Turut hadir dalam kesempatan itu Anggota DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono, Sartono Hutomo dan juga Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, Wakil Bupati Pacitan Gagarin, Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono, Sekretaris Daerah Heru Wiwoho dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pacitan.

Dalam kesempatan itu juga turut hadir ribuan santri Pondok Tremas dan perwakilan sekitar 30 Pondok Pesantren se-Kabupaten Pacitan.