Bupati Pacitan Ajak Semua Pihak Bersama Putus Rantai Korupsi

oleh -583 Dilihat
Mas Aji saat membuka Peringatan Hari Anti Korupsi Se-Dunia (Hakordia) di Kabupaten Pacitan, Senin (11/12/2023) di Gedung Gasibu Swadaya Pacitan. (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji mengajak semua pihak untuk bersama memutus mata rantai korupsi.

Hal itu disampaikan oleh Bupati yang akrab disapa Mas Aji saat membuka Peringatan Hari Anti Korupsi Se-Dunia (Hakordia) di Kabupaten Pacitan, Senin (11/12/2023) di Gedung Gasibu Swadaya Pacitan.

Dalam kesempatan itu, Bupati Aji juga membacakan puisi karya WS Rendra berjudul “Makna Sebuah Titipan.”

Peringatan Hakordia tahun 2023 dilaksanakan dengan menggelar lomba cipta/baca puisi anti korupsi dan kreasi video anti korupsi Tingkat SMP dan SMA.

Kegiatan lomba ini bertujuan untuk membina dan meningkatkan kepedulian anak didik terhadap nilai-nilai karakter anti korupsi dan mengembangkan sikap kompetitif dalam diri anak didik dikaitkan dengan wawasan anti korupsi.

Melalui kegiatan ini pula diharapkan akan tertanam kesadaran bahwa mencegah korupsi merupakan sebuah kewajiban.

“Mari kita bersama memutus rantai korupsi, dan semoga kedepan tanpa kita memperingati hakordia, kejahatan korupsi dan kesadaran terhadap anti korupsi sudah ada di dalam benak kita semua,”kata Mas Aji, mengutip siaran pers Prokopim Pacitan.

Sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Pacitan berupaya melakukan pencegahan tindak pidana korupsi, yang terdokumentasi melalui Monitoring Centre For Prevention (MCP) KPK.

Bahkan per-tanggal 3 Desember 2023, indeks capaian MCP Kabupaten Pacitan adalah 82, rangking 8 di Jawa Timur dan rangking 62 nasional.

Dalam kesempatan tersebut diserahkan penghargaan kepada 12 Desa Anti Korupsi yakni, Desa Sempu, Jeruk, Bungur, Tahunan, Sumberharjo, Sobo, Mendolo Lor, Sidomulyo, Cangkring, Gedompol dan Desa Sedayu.

Untuk Desa Cangkring, Desa Gedompol dan Desa Sedayu juga telah mewakili Kabupaten Pacitan dalam program Replikasi Desa Anti Korupsi tingkat Provinsi Jawa Timur dengan hasil yang membanggakan. Dimana, Desa Cangkring dan desa Sedayu masuk tiga besar tingkat Provinsi.

Dalam peringatan Hakordia itu, juga diserahkan hasil kejuaraan lomba video pendek anti korupsi Tingkat SLTP dan SLTA serta penghargaan kepada Duta Anti Korupsi tahun 2023.