Diiringi Ribuan Massa, Anies-Imin Resmi Jadi Paslon Pertama Daftar ke KPU

oleh -19 Dilihat
Pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden Anies Rasyid Baswedan dan Muhaimin Iskandar resmi menjadi pasangan calon yang mendaftar sebagai calon presiden dan wakil presiden 2024-2029. (Foto: Dok. Muhaimin Iskandar)

Pacitanku.com, JAKARTA – Pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden Anies Rasyid Baswedan dan Muhaimin Iskandar resmi menjadi pasangan calon yang mendaftar sebagai calon presiden dan wakil presiden 2024-2029.

Dua paslon ini menjadi pendaftar pertama yang mendaftar pada Kamis (19/10/2023) sekitar pukul 09.45 WIB.

Keduanya tiba menggunakan mobil Land Rover dengan atap terbuka. Sebelum mendaftar, kedunya menyapa ribuan pendukungnya yang memadati sepanjang jalan menuju ke Gedung KPU.

Sebelum mendaftar, keduanya berangkat dari tiga kantor DPPD partai politik pengusung, yakni Partai Nasdem, PKB dan PKS.

Usai tiba di kantor KPU, keduanya menemui pimpinan KPU RI dan menyerahkan berkas pendaftaran bacapres-bacawapres ke KPU RI.

Baca juga: Sah! Mahfud Md Resmi Jadi Cawapres Ganjar Pranowo

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh yang mewakili koalisi perubahan dalam sambutannya mengharapkan KPU untuk menjaga netralitas dalam Pilpres 14 Februari 2024 mendatang.

“Kami yakin dan percaya ini akan bisa kami capai ketika saudara-saudara kami, yang menjadi harapan rakyat dan bangsa ini, yaitu Komisi Pemilihan Umum, berdiri tegak di atas semua kepentingan kelompok dan golongan maupun partai-partai peserta pemilu,,”kata Surya Paloh, mengutip laman Youtube KPU RI..

“Sejujurnya Mas Hasyim (Asy’ari, Ketua KPU RI, red), kalau ditanya kepada saya personal, karena kita kenal satu sama lain, saya percaya kepada KPU kita yang ada di tempat ini,”imbuh Surya.

Di tempat yang sama, bacapres koalisi perubahan, Anies Baswedan berterima kasih sudah diterima KPU RI, walaupun kedatangan mereka molor hampir dua jam dari jadwal yang dijanjikan karena membeludaknya jalan yang dipenuhi simpatisan mereka.

“Terima kasih kepada KPU dan Bawaslu yang sudah menerima kami untuk mendaftar di hari pertama ini, kami inginnya datang jam 08.00, tapi karena lalu lintas macet, kami mohon maaf datang terlambat. Kami datang dengan bawa dokumen lengkap. Kami membawa misi besar, semoga kami bisa mengemban amanat ini,”jelas Anies.

Sebagai informasi, pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dibuka pada 19-25 Oktober 2023. Pendaftaran dilakukan di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat.

Selama 19-24 Oktober 2023, pendaftaran dibuka mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Sedangkan, pada 25 Oktober 2023, pendaftaran dibuka pukul 08.00-23.59 WIB.

Selanjutnya, KPU RI akan menetapkan pasangan capres-cawapres secara resmi pada Senin (13/11/2023) mendatang dan mengundi nomor urut pada Selasa (14/11/2023).

Video Anies Baswedan Bertemu SBY di Pacitan, Bahas Cawapres?

No More Posts Available.

No more pages to load.