21 Kades Hasil Pilkades Serentak di Pacitan Dilantik, Bupati Wanti-wanti Pemimpin Utamakan Rakyat

oleh -196 Dilihat
RESMI DILANTIK. Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji melantik 21 kepala desa terpilih dalam pemilihan kepala desa serentak pada 26 Agustus 2023 lalu. Pelantikan digelar di Pendopo Kabupaten Pacitan pada Kamis (19/10/2023). (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji melantik 21 kepala desa terpilih dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada 26 Agustus 2023 lalu.

Pelantikan digelar di Pendopo Kabupaten Pacitan pada Kamis (19/10/2023).

Turut hadir dalam pelantikan wakil bupati, forkopimda, pimpinan perangkat daerah, asisten sekda, camat, Ketua TP PKK Kabupaten, BPD masing-masing desa penyelenggara pilkades serta keluarga.

Baca juga: Ini Daftar Calon Kepala Desa Terpilih Hasil Pilkades Serentak di Pacitan 26 Agustus 2023

Dalam Sambutannya Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji menekankan 5 poin penting kepada Kades terlantik.

Yakni, mengutamakan rakyat, memahami kewenangan baik kewenangan yang berdasarkan asal-usul, kewenangan lokal berskala desa dan kewenangan lain yang ditugaskan oleh pemerintah diatasnya serta memahami tugas, kewenangan, kewajiban, dan hak sebagai kepala desa.

Selain itu, Bupati juga meminta kades segera menyusun RPJMDes sebagai penjabaran visi misi menyesuaikan kondisi dan sumber daya yang ada sehingga arah pembangunan desa menjadi jelas dan mudah dipahami seluruh masyarakat.

Dan yang terakhir selalu berkoordinasi dengan camat atau dinas terkait yang berkaitan dengan desa sebagai pembina dan pengawas desa.

“Perlu setelah ini kades memahami kewenangan tugas pokok dan fungsi dan kewenangan ini sebisa mungkin selaras dengan program di atas. Semisal kekeringan, stunting atau kemiskinan. Ini perlu ditangani bersama-sama. Ini penting saya tekankan karena kewenangan desa ada batasnya,” katanya mengutip siaran pers Prokopim Pacitan.

Dalam kesempatan tersebut Mas Aji menyerahkan santunan JKM, JHT kepada ahli waris Almarhum Kepala Desa Widoro Kecamatan Pacitan Hudiono serta beasiswa kepada anak almarhum.

Dari 21 Kades yang dilantik tersebut, 7 Kades diantaranya adalah kades petahana yang kembali memimpin desanya, yakni Kades Sendang, Mendolo Lor, Dadapan, Pelem, Harjito, Tumpuk, Kedungbendo dan Hadiwarno

Berikut Kades yang dilantik hasil Pilkades serentak 26 Agustus 2023

  1. Kades Donorojo: Slamet Widodo
  2. Kades Sendang: Winarto
  3. Kades Kebonsari: Juri
  4. Kades Bomo: Sularno
  5. Kades Mendolo Lor: Winarno
  6. Kades Piton: Arief Nugroho
  7. Kades Dadapan: Ismono
  8. Kades Poko: Syamsudin
  9. Kades Pelem: Jarno
  10. Kades Tamanasri: Sugiatun
  11. Kades Arjowinangun: Agus Prihono
  12. Kades Sukoharjo: Solichin
  13. Kades Gembuk: Andi Dwi Pranoto
  14. Kades Tumpuk: Harjito
  15. Kades Kedungbendo: Sugianto
  16. Kades Tegalombo: Any Solichah
  17. Kades Losari: Tumarno
  18. Kades Gasang: Saswito
  19. Kades Ketroharjo: Joko Pitono
  20. Kades Hadiwarno: Mulyono
  21. Kades Nogosari: Trina Subagya

No More Posts Available.

No more pages to load.