Bupati Harapkan Berharap Petugas Penyuluh Tetap Semangat Dampingi Petani Pacitan

oleh -2 Dilihat
Sarasehan dan Pembinaan Petugas Lapang Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian (DKPP) di Halaman Wingking DKPP Pacitan, Selasa (26/9/2023). (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Keterbatasan penyuluh di Kabupaten Pacitan mendapat perhatian Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji. Data Dinas Ketahanan pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Pacitan menyebut jumlah Petugas Penyuluh Lapang (PPL) sampai saat ini baru 81 orang.

Jumlah tersebut belum mencapai angka separuh dari jumlah Gapoktan yang mencapai 172 serta Poktan 1.494.

“Saya berharap rekan-rekan penyuluh tetap memiliki semangat mendampingi petani meskipun jumlah personelnya terbatas, bahkan, 1 PPL mungkin membawahi 1 hingga 2 desa,” ungkap Mas Aji dalam acara Sarasehan dan Pembinaan Petugas Lapang Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian (DKPP) di Halaman Wingking DKPP Pacitan, Selasa (26/9/2023) mengutip siaran pers Prokopim Pacitan.

Mas Aji menambahkan petugas lapang merupakan garda terdepan dalam pembangunan pertanian dan peternakan.

Sebagai yang terdepan penyuluh pertanian dan petugas kesehatan hewan memiliki tugas berat memastikan petani dan produksi pertanian berhasil guna menjaga ketahanan pangan.

Sarasehan dan Pembinaan Petugas Lapang Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) selain dihadiri 81 petugas penyuluh pertanian juga 50 petugas kesehatan hewan (petugas medik dan paramedic veteriner).

Acara yang diinisiasi oleh DKPP Kabupaten Pacitan tersebut berlangsung santai penuh keakraban. Berbagai keluh kesah dan masukan disampaikan petugas lapang.

Mulai dari peremajaan peralatan kesehatan hewan, keberadaan pos kesehatan hewan, keterlibatan petugas lapang dalam MurenbangDes hingga seragam lapangan.

“Kami sebenarnya ingin terlibat dalam MusrenbangDes jadi setidaknya penyuluh tahu persoalan yang dihadapi petani di desa,” tutur Dian Ismaya Penyuluh Pertanian wilayah Kecamatan Pringkuku.

No More Posts Available.

No more pages to load.