Puluhan Petani Milenial Pacitan Peroleh Dana Hibah Senilai RP 1,13 M

oleh -37 Dilihat
Sebanyak 40 petani milenial mendapatkan suntikan dana hibah kompetitif dari program Youth Entrepreneur Employment Support Services (YESS). (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, PRINGKUKU – Sebanyak 40 petani milenial mendapatkan suntikan dana hibah kompetitif dari program Youth Entrepreneur Employment  Support Services (YESS).

Penyerahan hibah kompetitif diberikan simbolis oleh Bupati Pacitan kepada para petani muda penerima manfaat pada Rabu (11/10/2023) di Pendopo Kecamatan Pringkuku.

Adapun masing-masing penerima memperoleh dana hibah bervariasi dengan nilai total dana mencapai Rp.1,13 miliar.

“Yang jelas kita membutuhkan pemuda yang tertarik menekuni bidang pertanian, maka dari itu dengan stimulan dari program YESS ini kita harapkan bisa membawa daya tarik pertanian kepada para pemuda,”kata Bupati Aji, mengutip siaran pers Prokopim Pacitan.

Sebagai bentuk dukungan, lanjut Bupati, pemerintah daerah melalui dinas terkait akan menyiapkan pendampingan agar program ini bisa berkelanjutan dan membawa kesejahteraan bagi masyarakat Pacitan.

Menurut Bupati, pertanian adalah masa depan karena berkaitan langsung dengan hajat hidup manusia sehingga wajib diperhitungkan.

“Selain pelatihan juga ada hibah kepada pelaku usaha dan individu petani milenial agar mampu menggerakkan ekonomi pedesaan,” kata Project Manager Program YESS Jawa Timur, Acep Hariri, .

Menurut Acep, tahun 2023 ada 8.379 petani yang sudah mendapatkan intervensi program YESS dengan usia antara  17 -39 tahun.

Selama kurun waktu yang sama sudah ada hampir 200 orang yang sudah menerima dana hibah kompetitif dengan jumlah dana mencapai Rp.5,8 milyar.

Program YESS adalah proyek pengembangan kewirausahaan dan ketenagakerjaan generasi muda disektor pertanian.

Melalui program ini diharapkan menjadi model pengembangan kewirausahaan dan ketenagakerjaan generasi muda di sektor pertanian.

No More Posts Available.

No more pages to load.