Tutup Agenda Agustusan, Masyarakat Wonodadi Kulon Gelar Seni Budaya Reyog

oleh -3 Dilihat
Pagelaran reog Manggolo Budhoyo di Dusun Pager, Wonodadi Kulon dalam acara menutup HUT RI KE-78. (Foto: Resi Wulandari/Pacitanku)

Pacitan.com, NGADIROJO – Menutup rangkaian kegiatan Agustusan, Pagelaran reog Manggolo Budhoyo digelar di Dusun Pager, Wonodadi Kulon, Kecamatan Ngadirojo, Pacitan.

Karang taruna Satria Muda Dusun Pager Wonodadi Kulon ada kan kegiatan lomba merdeka yang dimeriahkan oleh reog manggolo budhoyo sabagai penutupnya.

Kegiatan ini diselenggarakan mulai dari hari Sabtu (26/8/2023) sampai Minggu (27/8/2023) di lapangan satria muda Dusun Pager, Desa Wonodadi Kulon, Ngadirojo, Pacitan.

 “Sebetulnya pagelaran reog ini mendadak dan bukan dalam konteks kepanitian untuk yang kegiatan inti hanyalah lomba saja,”kata Rudi salah satu panitia kegiatan tersebut, Selasa (29/8/2023)

Lomba yang diadakan mulai dari usia paud sampai dewasa yang diselenggarakan di hari sabtu serta minggunya adalah pagelaran reog manggolo budhoyo dari Desa Cangkring.

Untuk ketua panitia penyelenggara ini ada 2 yang untuk lomba Rony Endrat Kurniawan dan untuk penyelenggara reog adalah Sunarto selaku kasun Dusun Pager. Kegiatan ini dikhususkan untuk masyarakat Dusun Pager yang merupakan kegiatan tahunan.

Lomba yang diadakan juga banyak sekali ada kurang lebih 25 lomba yang diselenggarakan dimulai dari memindahkan bendara untuk anak anak usia paud, hafalan surat untuk anak usia Sekolah Dasar (SD), serta lomba balap karung untuk dewasa.

Masyarakat disana sangat senang sekali auntusias mereka dalam mengikuti kegiatan ini juga sangat besar, mereka berbondong-bondong mendaftarkan diri untuk ikut serta dalam lomba tersebut.

Ditambah dengan pagelaran reognya menjadikan lelahnya mengikuti lomba terbayarkan dengan melihat kesenian reog tersebut.

“Meriah dan tidak hanya Dusun Pager saja yang hadir untuk menonton acara pagelaran reog tersebut dari desa – dasa lain juga banyak,”kata Bakti, salah satu penonton.

“Semoga kedepannya bisa terus mengadakan kegiatan seperti ini selain untuk melestarikan budaya juga untuk menjalin silaturahmi sesame,”pungkas dia.

No More Posts Available.

No more pages to load.