Semarakkan HUT ke-78 RI, Tulakan Gelar Lomba Sesorah Bahasa Jawa untuk Pelajar

oleh -14 Dilihat
Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan menggelar kegiatan lomba sesorah atau berbidato dalam bahasa Jawa yang diikuti oleh pelajar tingkat SD sampai dengan SMA/SMK. (Foto: Resi Wulandari/Pacitanku)

Pacitanku.com, TULAKAN – Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan menggelar kegiatan lomba sesorah atau berpidato dalam bahasa Jawa yang diikuti oleh pelajar tingkat SD sampai dengan SMA/SMK.

Bambang, salah satu panitia kegiatan mengatakan tujuan dari adanya lomba ini adalah agar anak- anak mau melestarikan Bahasa Jawa.

“Karena banyak sekali generasi muda yang mulai tidak menggunakannya, padahal dari adanya bahasa jawa ini bisa untuk menuntun anak – anak untuk lebih sopan dalam bertutur kata,”kata Bambang.

Kegiatan Sesorah Basa Jawa ini dilaksanakan pada Rabu (16/8/2023) dihadiri oleh Camat Tulakan, Ketua Umum PPHBN HUT RI ke-78 Kecamatan Tulakan, pengawas sekolah wilayah Kecamatan Tulakan, duta seni dari 6 gugus Kecamatan Tulakan tingkat SD/MI, SLTP dan SLTA.

Ketua panitia kegiatan, Juwardi mengatakan sejumlah penilaian menjadi salah satu indicator, dari kemampuan sesorah, hingga mulai pakaiannya juga diperhatikan dalam kegiatan ini agar terlihat totalitas dalam melaksanakan lomba tersebut.

Selain itu, beberapa deret nama yang mendapatkan kejuaraan yang utama dari mulai juara 1 Salsabila Dhany Azahra dari SDN 1 Kluweh Gugus 5.

“Kemudian, Juara 1 tingkat SLTP Annisa Netto Prasetyaji dari SMPN 1 Tulakan, dan yang terakhir juara 1 tingkat SLTA ada Putri Mayasari dari SMK Diponegoro Tulakan,”kata pria yang juga menjadi Seksi Seni Budaya PPHBN HUT RI KE -78 Kecamatan Tulakan ini.

No More Posts Available.

No more pages to load.