Lestarikan Budaya di Dunia Akademik, Kemendikbud Gelar Festival Kethek Ogleng untuk Pelajar se-Pacitan

oleh -5 Dilihat
Festival Kethek Ogleng pelajar 2023.

Pacitanku.com, PACITAN – Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XI Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, (Kemendikbud) Riset dan Teknologi menggelar Festival Obyek Pemajuan Kebudayaan (OPK) Warisan Budaya Takbenda (WBTB) Tari Kethek Ogleng Pacitan.

Kegiatan yang merupakan bagian dari Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) itu akan dilaksanakan pada Sabtu (26/8/2023) hingga Minggu (27/8/2023) di Alun-alun Kabupaten Pacitan pada pukul 19.00 WIB sampai dengan selesai.

Kepala balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XI Endah Budi Heryani Dalam keterangan pers tertulisnya, Minggu (20/8/2023) mengatakan Tarian Kethek Ogleng telah menjadi bagian integral dari budaya Pacitan.

Sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia, Endah mengatakan tarian Kethek Ogleng memerlukan upaya pemeliharaan dan pengembangan.

“Festival Tari Kethek Ogleng menjadi upaya untuk menjaga dan memperkenalkan warisan budaya ini kepada generasi muda serta masyarakat secara lebih luas,”katanya.

Melalui festival ini, Endah berharap tarian Kethek Ogleng tetap lestari dan terus menjadi kebanggaan bagi masyarakat di Kabupaten Pacitan, serta menarik minat dan apresiasi dari wisatawan dan pengunjung dari luar daerah.

“Tema Festival OPK WBTB Tari Kethek Ogleng adalah Bangkit Bersama untuk Pelestarian Warisan Budaya Tak Benda dengan maksud dan tujuan untuk Melakukan pewarisan pengetahuan (tehnik dan ketrampilan) OPK WBTB Tari Kethek Ogleng pada generasi muda, dalam hal ini pelajar tingkat Sekolah Dasar di Kabupaten Pacitan,”jelasnya.

Selain itu, dia mengatakan kegiatan ini diharapkan mendorong pembinaan, pengembangan dan pemanfaatan OPK WBTB Tari Kethek Ogleng di lingkungan Pendidikan.

“Juga mendorong Pengembangan dan Pemanfaatan OPK WBTB Tari Kethek Ogleng di ruang public serta mendorong partisipasi masyarakat luas untuk mengekspresikan, mengembangkan dan memanfaatkan OPK WBTB Tari Kethek Ogleng yang ada di Kabupaten Pacitan,”papar dia.

Lebih lanjut, Endah mengatakan untuk Peserta Festival OPK WBTB Tari Kethek Ogleng adalah siswa-Siswi SD/MI, Putra / Putri/Campuran se Kabupaten Pacitan.

“Terdaftar dalam Dapodik/etrims di satuan pendidikan yang bersangkutan, dimana tiap Peserta didampingi Official/Guru Pembina 2 (dua ) orang,”jelas dia.

Selain itu, peserta juga menyerahkan Surat Keterangan dari satuan Pendidikan, yang menyatakan peserta masih sebagai siswa di satuan pendidikan yang bersangkutan.

“Pendaftaran ditutup sampai dengan kuota terpenuhi,”tukasnya.

Untuk penilaian, meliputi kepenarian, identitas, penyajian, kreativitas. Dimana, kata dia, Penilaian meggunakan sistim Skor.

Terdiri dari Puluhan dan Satuan. Perbedaan/selisih skor nilai akan menentukan Jumlah Nilai Akhir yang digunakan untuk penentuan kejuaraan.

Endah mengatakan festival ini akan mencari 3 Penyaji Terbaik Non Rangking dan 3 Tata Rias dan Busana Terbaik Non Rangking

“Masing masing pemenang mendapatkan Piala, Piagam Penghargaan dan Uang Pembinaan. Pengumuman hasil Festival dan pemberian Penghargaan dilaksanakan setelah Penilaian dan Sidang Keputusan Dewan Juri selesai,”papar dia.

Bagai Lembaga sekolah yang berminat mendaftar, bisa langsung melalui Whatsapp dengan narahubung Ratih (081233979025) atau Sukatno (081331384339).

No More Posts Available.

No more pages to load.