Begini Semarak Festival Kethek Ogleng yang Diikuti Ratusan Peserta dari SD se-Kabupaten Pacitan

oleh -3 Dilihat
Kegiatan yang merupakan bagian dari Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) itu akan dilaksanakan pada Sabtu (26/8/2023) hingga Minggu (27/8/2023) di Alun-alun Kabupaten Pacitan pada pukul 19.00 WIB. (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XI Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, (Kemendikbud) Riset dan Teknologi menggelar Festival Obyek Pemajuan Kebudayaan (OPK) Warisan Budaya Takbenda (WBTB) Tari Kethek Ogleng Pacitan.

Kegiatan yang merupakan bagian dari Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) itu akan dilaksanakan pada Sabtu (26/8/2023) hingga Minggu (27/8/2023) di Alun-alun Kabupaten Pacitan pada pukul 19.00 WIB sampai dengan selesai.

Pada hari pertama festival, Bupati Indrata Nur Bayuaji juga turut menghadiri kegiatan yang diikuti 19 kelompok dengan total mencapai 360 peserta tersebut.

Walaupun peserta masih pelajar, gerak atraktif para penari kesenian asli Pacitan itu berhasil memukau penonton yang memadati Alun-alun Pacitan. Tak terkecuali Mas Aji dan beberapa tamu undangan.

Persiapan panitia untuk Festival Kethek Ogleng Pelajar Pacitan. (Foto: Resi Wulandari)

Salah satu panita lapangan acara Sukomono Fadjar Turido mengatakan kegiatan ini juga merupakan Kerjasama dari dinas pariwisata, kebudayaan, olahraga, dan dinas pendidikan yang bekerja sama dengan Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XI Direktorat Jenderal Kebudayaan Mojokerjo.

“Untuk peserta yang mengikuti festival Kethek Ogleng adalah anak-anak SD. Perlu diketahui festival ini adalah salah satu bentuk dari Lembaga pemerintah untuk memelihara objek kemajuan kebudayaan sehingga tidak hilang,”jelasnya.

Fadjar mengatakan tema kethek ogleng karena sudah masuk dalam warisan budaya tak benda pada tahun 2019.

“Sehingga panitia berinisiatif untuk melestarikan warisan tersebut serta mengenang mbah Sutiman yang menciptakan tarian kethek ogleng ini,”ujarnya.

Dia mengatakan festival ini untuk memberikan ruang kepada re-generasi sekaligus apresiasi terhadap anak – anak untuk bisa mengenal apa itu kethek ogleng. Ungkapnya

Acara ini akan dimulai jam 19.00 WIB dengan rencana awal dibuka oleh bupati Pacitan serta memberikan kenang – kenangan kepada keluarga Sutiman pencipta dari tarian kethek ogleng ini.

“Mengambil bulan ini festival Kethek Ogleng juga untuk merayakan HUT RI KE-78 serta menyesuaikan agenda kegiatan,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.