Syamsul Arifin Terpilih Jadi Ketua Bawaslu Pacitan Periode 2023-2028

oleh -9 Dilihat
Ketua Bawaslu Pacitan terpilih Syamsul Arifin. (Foto: Putro Primanto)

Pacitanku.com, PACITAN – Syamsul Arifin resmi menjabat sebagai ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Seperti yang diketahui, Bawaslu RI sudah mengumumkan para komisioner terpilih Bawaslu Kabupaten dan Kota.

Pada Sabtu (19/8/2023), sebanyak 1.912 anggota Bawaslu Kabupaten dan Kota se-Indonesia, termasuk Kabupaten Pacitan yang dilantik serentak oleh Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja di DKI Jakarta.

Seusai pelantikan tersebut, sebanyak lima anggota Bawaslu Pacitan yang terpilih langsung melakukan rapat pleno pertama dengan agenda menentukan Ketua Bawaslu Pacitan hingga menentukan koordinator divisi.

Adapun lima anggota Bawaslu Pacitan terpilih adalah Agus Hariyanto, Syamsul Arifin, Muhammad Nur, Fajar Dino Prawika, dan Nurul Fata Khoiruriza.

Dari lima komisioner tersebut, ada tiga anggota baru di jajaran Bawaslu Pacitan, yakni Muhammad Nur, Fajar Dino Prawika, dan Nurul Fata Khoiruriza.

Komisioner Bawaslu Pacitan terpilih periode 2023-2028. (Foto: Putro Primanto)

Sementara dua komisioner lain, Agus Hariyanto dan Syamsul Arifin merupakan komisioner lama yang sama-sama berada dalam struktur Bawaslu Pacitan sebelumnya.

Usai ditetapkan oleh Bawaslu RI, para komisioner melalui rapat internal komisioner Bawaslu Pacitan memilih secara aklamasi Syamsul Arifin sebagai Ketua Bawaslu Pacitan  periode 2023-2028.

“Bahwa proses pemilihan ketua dan pembagian divisi berjalan dengan sangat demokratis dan aklamasi, tidak sampai kepada voting, ini memberikan semangat baru soliditas Bawaslu ke depan,” ucap Syamsul Arifin saat dikonfirmasi Pacitanku.com, Minggu (20/8/2023).

Selain menetapkan ketua, hasil dari rapat pleno tersebut juga memutuskan Muhammad  Nur sebagai Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa. Kemudian, Fajar Dino Prawika sebagai Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Informasi.

“Untuk Divisi Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat dan Humas itu sebagai koordinator divisi ada Agus Hariyanto. Lalu, Nurul Fata Khoiruriza sebagai Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi dan Diklat,”imbuh Syamsul.

Syamsul menyebutkan, setelah terpilihnya ketua dan koordinator divisi, pihaknya akan segera melakukan pembenahan di internal Bawaslu Pacitan.

Syamsul juga mengharapkan support dan dukungan semua pihak agar kinerja Bawaslu Pacitan bisa lebih baik lagi. “Kita ke depan saling support, mohon support untuk bawaslu ke depan lebih baik lagi,”pungkasnya.