Mahasiswa Universitas Brawijaya Sediakan Klinik UMKM untuk Warga di Desa Kasihan Tegalombo

oleh -6 Dilihat
Mahasiswa dari Kelompok 420 Mahasiswa Membangun 1000 Desa (MMD-1000D) Universitas Brawijaya (UB) Malang menyediakan klinik Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk pegiat UMKM di Desa Kasihan. (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, TEGALOMBO – Mahasiswa dari Kelompok 420 Mahasiswa Membangun 1000 Desa (MMD-1000D) Universitas Brawijaya (UB) Malang menyediakan klinik Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk pegiat UMKM di Desa Kasihan, Kecamatan Tegalombo, Pacitan.

Penanggung jawab dari Klink UMKM Desa Kasihan dari UB, Ahnaf Raka menuturkan UMKM di Desa Kasihan tidak sedikit yang menemukan kendala dalam perjalanannya, baik keuangan,pemasaran dan operasional yang dialami oleh pelaku UMKM.

“Ya, setelah kita melakukan survei berbasis wawancara, sebenarnya mereka memiliki banyak permasalahan, namun mereka belum sadar akan permasalahan yang terjadi serta takut dan bingung mau dikonsultasikan kemana,”kata Ahnaf.

Dengan latar belakang tersebut, Ahnaf mengatakan Kelompok 420 MMD-1000D UB menggagas terbentuknya KLINIK UMKM untuk menciptakan lingkungan UMKM yang baik dan terlepas dari permasalahan yang ada di dalam bisnis UMKM masyarakat Desa kasihan.

“Klinik UMKM dibuka sejak tanggal 13 Juli sampai dengan 2 Agustus 2023 dengan jam operasional dari pukul 09.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB,”ujar dia.

Setelah berjalannya Klinik UMKM selama kurang lebih 18 hari, Anaf mengungkapkan lebih dari 20 permasalahan ditemukan dari berbagai penggiat UMKM di Desa Kasihan dan banyak dari penggiat UMKM berkonsultasi di masalah keuangan.

“Sebagian besar penggiat UMKM belum mengetahui akan pentingnya pengelolaan keuangan untuk dapat dijadikan sebuah cara untuk mengembangkan bisnis yang mereka punya,”ujar dia.

Secara khusus, Ahnaf berharap program baik ini bisa dilanjutkan oleh masyarakat sekitar yang peduli akan perkembangan UMKM untuk menciptakan lingkungan UMKM yang minim permasalahan serta berkelanjutan.

Sementara, Koordinator Desa kelompok 420 KKN UB Shintya berharap dengan adanya klinik UMKM ini bisa menjadi sebuah langkah awal untuk memperbaiki pengelolaan bisnis UMKM di Desa Kasihan.

No More Posts Available.

No more pages to load.