Polri Terapkan Materi Ujian Praktik SIM C Tanpa Angka 8 dan Zigzag Mulai 7 Agustus 2023

oleh -4 Dilihat
DIHAPUS. Ujian SIM denganangka 8 dan zigzag resmi dihapus dan diterapkan model baru per Senin (7/8/2023). (Foto: Dok. Shutterstock)

Pacitanku.com, JAKARTA – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri resmi menghapus materi ujian praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) C sepeda motor model zig-zag dan angka 8. Perubahan yang terjadi tetap mengutamakan keselamatan dan keahlian berkendara sepeda motor.

Uji coba materi baru ujian praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) C tanpa angka 8 dan zig-zag resmi digelar pada Jumat (4/8/2023) lalu.

Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri Brigjen Yusri Yunus desain baru berupa lintasan sirkuit itu akan berlaku serempak mulai Senin (6/8/2023) di 468 Satpas di seluruh Indonesia. “Hari Senin (7/8) sudah mulai diberlakukan serempak di 468 Satpas,”ujar Yusri di Jakarta, Jumat (4/8/2023) lalu.

Polri sebelumnya telah mengungkap desain baru trek ujian praktik SIM C. Perubahan yang terjadi diklaim tetap mengutamakan keselamatan dan keahlian berkendara sepeda motor. Pada materi baru, ujian praktik SIM C akan dilakukan pada lintasan berbentuk sirkuit yang spesifikasinya telah diperbarui dari versi lama.

Berdasarkan denag yang disampaikan, sirkuit uji praktik SIM C memiliki tiga lintasan lurus dan lima area berbelok, yang satu bagiannya menyerupai huruf S. Kemudian saat uji praktik dimulai, pemohon SIM C ini akan masuk melalui garis start, lalu keluar dari sisi lainnya setelah menyelesaikan semua tantangan pada sirkuit itu.

Diketahui, kondisi lintasan ini mengakomodir empat materi ujian praktik dengan ukuran yang sudah diperlebar dan tanpa materi zigzag atau slalom tes. Kemudian,uji membentuk angka delapan digantikan dengan uji membentuk huruf S.

Selanjutnya ukuran lebar lintasan diperlebar dari ukuran lama, menjadi 2,5 kali lebar kendaraan, dari sebelumnya 1,5 kali lebar kendaraan. Selanjutnya uji pengereman akan dilakukan pada bagian sirkuit dengan panjang lintasan 20 meter dan jarak antar patok menjadi 2,5 meter.

Kemudian uji u turn akan dilakukan di panjang lintasan 10 meter, 2 meter untuk tikungan saat berbelok dan jarak antar patok menjadi 3 meter. Sementara uji huruf S, panjang lintasannya dibuat sebesar 35 meter.

Tahap terakhir uji reaksi rem menghindar bakal memakai sisi lintasan lurus dengan panjang 1,6 meter, sedangkan panjang lintasan menghindar 4 meter, serta jarak antar patok 3 meter, dan total panjang lintasan bakal materi ini 24 meter.

No More Posts Available.

No more pages to load.