Jenis Kayu untuk Bangunan Rumah yang Dijamin Awet

oleh -39 Dilihat
Foto ilustrasi konsultasi untuk membangun rumah. (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN — Sebagai salah satu bahan penting dalam membangun pondasi, memilih jenis kayu untuk bangunan rumah adalah langkah krusial yang tidak bisa disepelekan. Kayu yang terpilih haruslah kuat dalam menopang beban bangunan dan tahan lama.

Jenis kayu seperti apa yang dijamin awet dan mudah ditemukan di daerah Jawa, khususnya bagi Anda yang tinggal di Jawa Timur? Berikut adalah informasinya:

Jenis Kayu untuk Bangunan Rumah yang Awet

Pasalnya, rumah merupakan tempat yang berfungsi untuk melindungi semua penghuninya dari cuaca tidak menentu. Untuk memenuhi fungsi tersebut, rumah wajib dibangun dengan menggunakan bahan terbaik.

Kayu merupakan salah satu bahan bangunan yang memiliki banyak kelebihan. Yaitu, tahan terhadap guncangan saat gempa, memberi kesan adem, dan dapat menyesuaikan suhu ruang agar tetap sejuk di berbagai musim.

Walau begitu, Anda tidak bisa asal memilih jenis kayu untuk membangun rumah. Sebab, ada beberapa jenis kayu yang kurang cocok digunakan sebagai pondasi. Supaya tidak salah pilih, Anda bisa membaca beberapa informasi mengenai jenis kayu yang awet untuk bangun rumah sebagai berikut:

Kayu Jati

Kayu jati merupakan salah satu kayu yang terkenal akan kekuatan, kestabilan dalam menopang beban, keawetan, dan keindahannya. Maka tidak heran, bila kayu jati yang banyak tumbuh di beberapa daerah di Indonesia salah satunya Jawa Timur, dijual dengan harga mahal.

Berbicara mengenai keawetan, kayu jati merupakan kayu yang tahan terhadap ‘musuh’ para kayu. Contohnya, jamur dan rayap yang bisa membuat kayu menjadi rapuh hingga berpotensi membuat pondasi rumah jadi hancur.

Walaupun dikenal kuat, kayu yang satu ini terbilang mudah untuk diukir. Maka, tidak heran jika kayu jati kerap dijumpai sebagai bahan untuk membuat furniture.

Kayu Ulin

Teruntuk Anda yang berencana untuk membangun rumah dekat dengan laut, maka kayu ulin adalah pilihan yang tepat buat dijadikan pondasi.

Hal tersebut dikarenakan kayu ulin memiliki batang yang tahan dengan serangan rayap, serangga, dan air laut. Dengan kelebihan yang tidak main-main, kayu yang satu ini masuk ke dalam kayu kelas satu alias terbaik.

Berbeda dengan kayu jati, kayu ulin memiliki batang yang cukup sulit untuk diukir. Karena, batangnya cukup sulit untuk dipaku, tapi mudah untuk dibelah dengan menggunakan peralatan tertentu.

Kayu Merbau

Kayu merbau yang dijuluki sebagai kayu besi ini, merupakan jenis kayu untuk bangunan rumah yang kuat dan dijamin awet. Bahkan, kayu yang banyak tumbuh di Jawa, Kalimantan, Maluku, Sulawesi, dan Papua ini sering disamakan dengan kayu jati karena kemiripannya.

Walau memiliki keawetan, kekuatan, dan warna yang sama. Kayu merbau memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan kayu jati. Cocok untuk Anda yang membutuhkan kayu yang kuat sebagai pondasi rumah.

Kayu Gaharu

Satu lagi jenis kayu yang memiliki ketahanan luar biasa terhadap rayap, jamur, dan perubahan cuaca. Kayu gaharu merupakan kayu berkualitas tinggi yang bisa digunakan sebagai pondasi rumah, atap, dan pagar.

Tidak hanya menang dari segi kualitas, kayu gaharu juga menang dari segi estetika. Karena, kayu gaharu memiliki pola serat yang unik dan berbeda dari jenis kayu lainnya. Sehingga, tidak jarang kayu ini digunakan untuk hiasan atau furniture berkelas tinggi.

Kirimkan Kayu untuk Bangunan Rumah Anda dengan Lalamove

Mengirimkan kayu untuk bangunan bukanlah hal mudah. Dibutuhkan kendaraan khusus seperti engkel, truk CDD, atau fuso yang dapat menahan beban kayu dengan bobot mencapai ratusan kilo.

Jangan khawatir, bila Anda tidak memiliki ketiga jenis kendaraan tersebut. Sebab, Anda bisa menggunakan jasa pengiriman dari Lalamove. Lalamove merupakan jasa ekspedisi cargo dan ekspedisi berbobot ringan lainnya, yang telah beroperasi sejak tahun 2018.

Tidak hanya armada besar, Lalamove juga menyediakan layanan pengiriman dengan kendaraan kecil seperti motor, mobil, dan van.

Untuk mengirim kayu menggunakan armada besar dengan mitra driver yang berpengalaman dari Lalamove, caranya sangat mudah. Anda bisa memesan layanan pengiriman dari website atau aplikasi Lalamove yang tersedia di App Store atau Play Store.

Setelah mengisi data diri. Anda bisa memulai pengiriman dengan mengisi data-data yang dibutuhkan seperti alamat asal, alamat tujuan, jenis armada yang digunakan, pemilihan layanan tambahan bila diperlukan, dan membayar dengan metode pembayaran pilihan.

Untuk memperketat keamanan, Lalamove telah menyediakan fitur pelacakan secara real time, yang bisa Anda gunakan untuk memantau keberadaan mitra driver Lalamove pada saat kayu dikirimkan.

Tidak hanya cepat, Lalamove akan terus memastikan keamanan pesanan kayu untuk bangunan rumah Anda sampai tujuan. Sehingga, Anda dapat merealisasikan pembangunan rumah idaman Anda. Tunggu apa lagi? Gunakan jasa Lalamove, sekarang!