Duta Genre Edukasi Ratusan Siswa SMKN Ngadirojo Cegah Stunting dan Anemia

oleh -8 Dilihat
Kegiataan Duta Genre dilaksanakan di aula SMKN Ngadirojo dan diikuti oleh 354 peserta didik baru pada Kamis (20/7/2023). (Foto: Irma Sintia)

Pacitanku.com, NGADIROJO – Duta Generasi Berencana (Genre) Pacitan Yoga Pratama Putra bersama Duta Genre Jawa Timur Alfan Saifut Aminulloh diundang sebagai narasumber dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Ngadirojo.

Kegiataan ini dilaksanakan di aula SMKN Ngadirojo dan diikuti oleh 354 peserta didik baru pada Kamis (20/7/2023).

Dalam paparannya, Duta Genre Pacitan Yoga Pratama mengangkat isu stunting pada anak dan anemia pada remaja yang belakangan menjadi pembahasan.

“Hadirnya Generasi Berencana ini guna mengatasi dan memberikan solusi dari permasalahan permasalahan yang di hadapi oleh remaja, serta menjadi role model dalam menhindari TRIAD KKR,”kata Yoga Pratama.

Lebih lanjut, Yoga menekankan pembahasan pada permasalahan stunting dan anemia. Stunting dan anemia sendiri merupakan dua permasalahan kesehatan yang sering dijumpai di kalangan remaja.

“Kedua kondisi ini dapat memiliki dampak jangka panjang pada kesehatan dan perkembangan remaja, serta berpotensi mempengaruhi produktivitas dan kualitas hidup mereka di masa depan,”ujar dia.

Oleh karena itu, imbuhnya, perlu dilakukan pencegahan sejak dini salah satunya dengan cara memberikan edukasi kepada remaja akan pentingnya mengetahui apa itu stunting dan anemia serta  upaya pencegahan stunting dan anemia.

“Frekuensi anemia pada remaja sebesar 12%, dan perlu perlu kita perhatikan bahwasanya anemia ini tidak hanya menyerang orang dewasa tetapi juga menyerang remaja” ucap Yoga.

Sementara Duta Genre Jatim Alfan Saifut Aminulloh mengatakan pemenuhan gizi di masa remaja memegang peranan yang penting dalam penanggulangan stunting dan anemia.

“Kegiatan edukasi yang dilaksanakan merupakan salah satu upaya yang dilakukan guna menanggulanggi permasalahan stunting dan anemia di Kabupaten Pacitan,”katanya.

No More Posts Available.

No more pages to load.