PLN Nusantara Power UP Pacitan Sinergi dengan PLN ULP Pacitan Bantu Sembako untuk Korban Terdampak Gempabumi Selatan Jogja

oleh -2 Dilihat
BANTU KORBAN GEMPA. PT PLN Nusantara Power Unit Pembangkitan (UP) Pacitan membantu warga terdampak bencana alam gempabumi Jumat (30/6/2023) lalu. (Foto: Istimewa/Sulthan Shalahuddin)

Pacitanku.com, PACITAN – PT PLN Nusantara Power Unit Pembangkitan (UP) Pacitan bersinergi dengan PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Pacitan membantu menyalurkan bantuan paket sembako untuk warga korban terdampak bencana alam gempa bumi di Pacitan.

Gempa bumi tersebut diketahui dengan pusat gempa atau episenter di selatan Kota Wates, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Jumat (30/6/2023) malam pukul 19.57 WIB lalu.

“Kita menyalurkan sebanyak 50 paket sembako sinergi dengan PLN ULP Pacitan untuk warga terdampak gempa selatan Jogja di Pacitan,”kata Humas PT PLN Nusantara Power UP Pacitan Muhammad Bangkit Ramadan dalam keterangannya, Kamis (6/7/2023) di Pacitan.

Salah satu korban yang diberikan bantuan oleh PLN Nusantara Power bersinergi dengan PLN ULP Pacitan adalah Wijiati, warga Dusun Banyuanget, Desa Kedungbendo, Kecamatan Arjosari.

Sebagai informasi, rumah Wijiati, seorang janda di Arjosari adalah salah satu diantara puluhan rumah di Pacitan yang terdampak gempabumi akhir bulan Juni 2023 lalu tersebut.

Rumah milik lansia berusia 78 tahun itu mengalami kerusakan atap, plafon dan dinding rumahnya runtuh akibat gempabumi tersebut.

Diberitakan sebelumnya di Pacitanku.com, gempabumi tektonik dengan kekuatan M 6 terjadi pada Jumat (30/6/2023) pukul 19.57.43 WIB.

Pusat gempa atau episenter berada pada koordinat 8,63° lintang selatan (LS) dan 110,08° bujur timur (BT), atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 81 kilometer arah selatan Kota Wates, Provinsi DIY pada kedalaman 67 kilometer.

Berdasarkan hasil monitoring Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sampai Jumat malam pukul 21.30 WIB menunjukkan adanya 20 aktivitas gempabumi susulan atau aftershock dengan rentang magnitudo 3,0 sampai 4,2.

Sementara berdasarkan data dari BPBD Kabupaten Pacitan, sebanyak 83 bangunan di Pacitan terdampak gempabumi tektonik tersebut, dimana puluhan bangunan di Pacitan mengalami tingkat kerusakan ringan hingga sedang.

Adapun rincian kerusakan tersebut terdiri dari 71 rumah, 5 kantor, 4 sekolah dan lainnya adalah pertokoan, tempat ibadah dan fasilitas umum lainnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.