Tahapan Pemilu 2024, Pantarlih Coklit Bupati Pacitan

oleh -Dibaca 113 kali
COKLIT. Petugas pemutakiran data pemilih (Pantarlih) saat mencoklit Bupati Pacitan pada Selasa sore di Rumdin Bupati. (Foto: Dok. Instagram Indrata Nur Bayuaji)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji mengajak seluruh masyarakat di wilayahnya untuk ikut serta mensukseskan tahapan-tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Salah satu tahapan Pemilu yang saat ini dijalani, adalah pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) untuk Pemilu 2024 yang dilakukan oleh petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih).

Bupati sendiri menjalani coklit pada Selasa (14/2/2023) sore di rumah dinas Bupati Pacitan, kompleks Pendopo Pacitan Jalan Jaksa Agung Suprapto Pacitan.

“Coklit ini kan salah satu tahapan untuk mencocokkan semuanya, nah artinya proses awal, jadi harapan saya masyarakat menyambut baik para petugas (Pantarlih),”kata Bupati saat dikonfirmasi usai mengikuti Coklit.

Dengan tahapan ini, kata Bupati, tahapan Pemilu 2024 akan berjalan dengan lancar.

“Sehingga pencocokan data ini berjalan lancar Insyaallah nanti di tahun 2024 atau tahun depan pemilunya juga berjalan lancar,”imbuh Bupati yang mengikuti Coklit bersama Ketua KPU Pacitan Sulis Styorini.

Tak hanya itu, Bupati juga menyinggung kesuksesan Pemilu merupakan kerjasam semua pihak, utamanya KPU dan DIsdukcapil serta masyarakat kaitannya dengan data pemilih.

“Jadi semua saling terkait, menurut saya ini kerja seluruh pihak, tidak hanya KPU,  tidak hanya dukcapil juga tapi dari seluruh elemen masyarakat,”ujarnya.

Sebagai contoh, kata Bupati, adalah surat kematian, jika Disdukcapil tidak dibantu oleh peran serta dari Desa maupun masyarakat maka tidak akan mendapatkan data yang valid.

“Maka dari itu gawene gawe barang, nah untuk itu saya sangat berharap betul bahwa di desa, kepala desa, kepala dusun dan seluruh perangkatnya bisa juga ikut update tentang data di masyarakatnya masing-masing, baik siapa yang pergi dan mungkin juga yang meninggal dan sebagainya, terus terupdate,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.