Guru di Pacitan Kecewa Pengumuman Hasil Seleksi PPPK Ditunda

oleh -20 Dilihat
Forum Guru Lulus Passing Grade PPPK (FGLPGPPPK) tahun 2021 pada Rabu (6/7/2022) menggelar audiensi . (Foto: Putro Primanto/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Kemendikbudristek menyatakan hasil seleksi PPPK Guru tahun 2022 akan diumumkan pada pertengahan Februari 2023. Sebelumnya Badan Kepegawaian Nasional (BKN) mengumumkan hasil seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) Guru Tahun 2022 ditunda sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Hal inipun juga membuat para guru honorer bertanya tanya tentang nasib mereka. Ada kekhawatiran dan kekecewaan yang dirasakan.

Seperti diungkapkan Ketua Forum Guru Lulus Passing Grade PPPK Pacitan forum Guru Lulus Passing Grade Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (GLPGPPPK) Pacitan Panggih Adhi Pangestu.

“Kasihan Bapak dan Ibu guru yang sudah lama menunggu. Semua pelamar guru saja baru tes informasinya sudah sampai belum pengisian DRH. Ini sudah 1 tahun kami menunggu, dan terkesan belum ada kesiapan yang matang,”katanya, Selasa (7/2/2023) di Pacitan.

Lebih lanjut, Panggih berharap pemerintah dapat segera memberikan kepastian, pasalnya sebagian besar pelamar sudah mengabdi lama dan belum mendapatkan hak yang layak dari pemerintah.

“Harapan kami tidak diundur kembali, karena penantian kami sudah panjang, sudah banyak rintangan yang kami hadapi, semoga disegerakan (pengumuman dari pemerintah, red),”pungkasnya.

Sebagai informasi pengumuman seleksi PPPK guru 2022 sedianya diumumkan pada Kamis (2/2/2023) lalu. Namun Panselnas yang terdiri atas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) memutuskan untuk melakukan koordinasi dan sinkronisasi pemenuhan kuota kebutuhan PPPK guru.

Imbas dari diundurnya pengumuman PPPK guru akhirnya berbuntut panjang. Hal ini berpengaruh terhadap jadwal pemberkasan NIP hingga penerimaan SK oleh guru PPPK.

Namun, hal tersebut harus diterima dengan lapang dada. Sebab, penundaan jadwal kelulusan guru PPPK yang ditunda dari jadwal sebelumnya 2 – 3 Februari berimbas pada perubahan besar-besaran jadwal pemberkasan NIP.

Menurut Karo Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Satya Pratama bahwa sebelumnya pihaknya sudah menentukan jadwal selanjutnya untuk tahapan setelah diumumkannya kelulusan PPPK. Namun semua jadwal tersebut harus dibuat ulang karena dari awal sudah ada perubahan.

No More Posts Available.

No more pages to load.