Animal Rescue Pacitan Edukasi Anak-anak Tentang Dunia Reptil, dari Ular Hingga Iguana

oleh -Dibaca 134 kali
PEGANG ULAR. Anak-anak dari PAUD Az Zalfa Pacitan antusias mengikuti edukasi dunia binatang, baru-baru ini. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Komunitas Animal Rescue Pacitan bekerja sama dengan PAUD Az Zalfa Pacitan menggelar kegiatan pembelajaran edukasi hewan reptile kepada puluhan anak-anak di sekolah tersebut, baru-baru ini.

Yono, ketua animal rescue Pacitan mengungkapkan kegiatan yang merupakan kolaborasi komunitas animal rescue Pacitan dengan pihak sekolah itu merupakan edukasi ringan seputar dunia binatang, utamanya jenis reptil.

“Yang kita ajarkan edukasi ringan mengenali ular, seperti pengenalan tekstur kulit ular, agar mereka juga tidak takut semisal ada ular liar segera melaporkan kepada orang tuanya, tadi yang kita bawa ada iguana, kura-kura ambon dan ular retik tiga ekor berbagai usia, dari yang bayi sampai yang sesukuran 3,5 meter,”katanya saat dikonfirmasi Pacitanku.com.

Lebih lanjut, Yono mengungkapkan kegiatan edukasi ini memang digelar jika ada request dari pihak Lembaga manapun terkait dengan dunia reptile, khususnya ular.

“Kegiatan edukasi kami meneirma panggilan dari mungkin keluarga agar tidak takut pada ular, dan antusiasme dari anak-anak tersebut ternyata ada yang lebih pemberani,”ujarnya.

Selain itu, Yono juga sedikit menyinggung terkait seringnya fenomena ular masuk permukiman warga akhir-akhir ini di Pacitan.

“Fenomenanya memasuki musim ular menetas dan ular yang bertelur, itu juga dikaitkan predator yang semakin menghilang seperti biawak garangan dan burung elang yang diburu masyarakat, makanya untuk penyearan ular yang masuk ke permukiman lebih banyak untuk saat-saat ini,”pungkasnya.

Sementara, Tri Mutikarini guru PAUD Plus Az Zalfa mengungkapkan kegiatan pengenalan terhadap dunia ular dan reptil ini digelar untuk mengambil pelajaran agar anak-anak lebih tahu tentang dunia reptil.

“Kebetulan sekolah memanggil pihak reptile tentang animal atau binatang, kita memperkenalkan anak dengan binatang yang nyata, mengedukasi anak, dan anak-anak benar antusias dan senang sekali, anak-anak lebih mengetahui tentang reptil itu sendiri, bisa memgang langsung, jadi lebih nyata,”katanya.

No More Posts Available.

No more pages to load.